Rabu 01 Dec 2021 10:04 WIB

Polda Metro Tegaskan tak Beri Izin Reuni 212 di Patung Kuda

Reuni 212 direncanakan digelar di dua tempat berbeda, pada Kamis (2/12).

Rep: Ali Mansur/ Red: Andri Saubani
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan.
Foto: Prayogi/Republika
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya menegaskan tidak memberikan izin untuk acara Reuni 212 yang rencananya akan tetap digelar di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Kamis (2/12). Rencananya, Reuni 212 akan dipusatkan di dua lokasi, yaitu di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat dan Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Polda Metro tidak mengeluarkan izin," tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dikonfirmasi, Kamis (2/12).

Baca Juga

Namun, Zulpan tidak menjelaskan secara detail, apakah kegiatan kegiatan yang dinamakan Aksi Super Damai itu tetap dilarang. Dia hanya menyampaikan, bahwa pihaknya memiliki tugas mengatur ketertiban masyarakat. Zulpan juga menyebut bahwa keselamatan masyarakat adalah yang utama.

"Polri mengatur ketertiban masyarakat berdasarkan aturan dan hukum yang berlaku karena keselamatan masyarakat adalah yang utama," terang Zulpan.

Sebelumnya, agenda kegiatan Reuni 212 kembali mengalami perubahan. Setelah batal digelar di Patung Kuda Wiwaha, Jakarta Pusat, kemudian dipusatkan di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat, kini kegiatan Reuni dipusatkan di dua lokasi berbeda, di Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan Masjid Az-Zikra, pada Kamis (2/12).

"Setelah memperhatikan situasi dan perkembangan yang ada, serta masukan dari ulama dan umat, maka Reuni Alumni 212 tahun 2021 akan diadakan dalam bentuk Aksi Super Damai," ujar Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/12)

Menurut Eka, keputusan tersebut diambil setelah memperhatikan situasi yang ada serta masukan dari ulama dan umat. Rencananya, Aksi di Patung Kuda akan digelar pada pagi hari pukul 08.00-11.00 WIB dengan tajuk 'Aksi Super Damai'. Ia juga mengklaim surat pemberitahuan aksi tersebut sudah diserahkan ke Polda Metro Jaya pada Senin (29/11).

Sementara, acara juga digelar di Aula Masjid Azzikra, Sentul Jawa Barat pada pukul 12.30-15.30 WIB. Di tempat ini, panitia akan menggelar acara dengan tajuk 'Silaturahmi dan Dialog 100 Tokoh'. Di Masjid Az-zikra mengusung tema 'Bersama mencari Solusi untuk keselamatan NKRI.

"Jam 12.30-15 30 WIB di Aula Masjid Az-zikra Bogor," kata Eka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement