Ahad 05 Jun 2022 15:45 WIB

Tebet Eco Park Dipilih Jadi Lokasi Hari Lingkungan Hidup 2022

Pemprov DKI memilih Tebet Eco Park sebagai lokasi peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah warga saat berwisata mengunjungi Tebet Eco Park, Jakarta, Rabu (1/6/2020). Pemprov DKI memilih Tebet Eco Park sebagai lokasi peringatan Hari Lingkungan Hidup.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga saat berwisata mengunjungi Tebet Eco Park, Jakarta, Rabu (1/6/2020). Pemprov DKI memilih Tebet Eco Park sebagai lokasi peringatan Hari Lingkungan Hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memilih Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, sebagai lokasi peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 pada setiap 5 Juni.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Afan Adriansyah mengatakan, Tebet Eco Park menjadi salah satu kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan ruang terbuka hijau untuk menjaga kualitas udara.

Baca Juga

"Taman Tebet ini adalah taman prototipe, salah satu bentuk ruang ketiga yang memang akan fokus dikembangkan pada banyak tempat di DKI Jakarta," kata Afan Adriansyah di Jakarta, Ahad (5/6/2022).

Afan menambahkan bahwa Tebet Eco Park tak hanya menjadi ruang terbuka serta berkumpul bagi masyarakat. Tempat tersebut juga dapat difungsikan sebagai penampung debit air hujan untuk mengantisipasi banjir.

"Yang menarik di sini pada saat musim penghujan taman ini kita fungsikan juga menampung debit air yang berlebih," ujar Afan.

Dia mengatakan bahwa kegiatan perayaan Hari Lingkungan Hidup 2022 mengusung tema "Udara Bersih untuk Jakarta". Kegiatan itu juga berfokus pada isu pencemaran udara.

Kegiatan tersebut juga digelar untuk menyosialisasikan isu lingkungan sekaligus bagian dari rangkaian Hajatan Jakarta ke-495. "Udara itu salah satu hal yang penting terutama untuk kesehatan kita," katanya.

Ia menambahkan, udara berdampak tak hanya pada kesehatan tapi juga terhadap perekonomian. "Kalau orang menderita penyakit akibat gangguan suplai oksigen maka otomatis produktivitas terganggu," kata Afan.

Beragam kegiatan tersaji dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup 2022 di Tebet Eco Parkdi antaranya adalah pertunjukan musik oleh musisi lokal. Kuratorial instalasi seni dengan tema "Bayangkan Jakarta Bagaimana Tanpa Polusi Udara".

Aktivasi oleh masing-masing kolaborator, dengan tema mendorong perilaku lebih ramah terhadap udara DKI Jakarta. Selain itu, ada gerai makanan dan minuman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement