Senin 13 Jun 2022 22:29 WIB

UPK: Belum Ada Arahan Pemprov DKI Soal Pembukaan Kembali Monas

Kawasan Monas ditutup sejak pandemi Covid-19 merebak pada dua tahun lalu.

Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah anggota kepolisian mengikuti apel gelar pasukan di Silang Monas, Jakarta (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika.
Sejumlah anggota kepolisian mengikuti apel gelar pasukan di Silang Monas, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas,Muhammad Isa Sarnuri mengemukakan, belum ada arahan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait pembukaan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk wisatawan. "Sampai saat ini kami masih menunggu arahan lebih lanjut. Kita berharap mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi," kata Isa saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Isa menjelaskan, pihaknya juga belum dilibatkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk membahas pembukaan Monas. "Belum ada (diskusi) kalau kita yang diundang untuk acara tersebut, tetapi tidak tahu untuk level pimpinan," kata dia.

Baca Juga

Kawasan Monas ditutup sejak pandemi Covid-19 merebak pada dua tahun lalu. DKI Jakarta kini sudah memasuki PPKM Level 1 serta kasus Covid-19 yang lebih terkendali dengan positivity rate 3,7 persen. 

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali membuka kawasan Monas bagi wisatawan. Menurut dia, pembukaan Monas akan membawa dampak besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengingat kawasan tersebut menjadi destinasi favorit wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Karena kita punya event-event internasional dan nasional, banyak dari mereka yang tertarik datang ke Jakarta dan Monas ini akan menjadi daya tarik utama," kata Menparekraf. "Banyak kegiatan-kegiatan juga yang mau menggunakan Monas sebagai backdrop dari kegiatan tersebut," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement