Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

12 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

HUT RI, Pemkot Bogor Angkat Wisata Lokal dan Kibarkan Bendera Sebulan

Sabtu 06 Aug 2022 16:36 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengangkat kebangkitan wisata lokal melalui berbagai kegiatan untuk memperingati HUT ke-77 RI, dibarengi pengibaran bendera sebulan penuh pada Agustus 2022 di sekitar Tugu Kujang.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengangkat kebangkitan wisata lokal melalui berbagai kegiatan untuk memperingati HUT ke-77 RI, dibarengi pengibaran bendera sebulan penuh pada Agustus 2022 di sekitar Tugu Kujang.

Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Wali Kota menyebut Bogor jadi satu-satunya yang mengibarkan bendera sebulan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengangkat kebangkitan wisata lokal melalui berbagai kegiatan untuk memperingati HUT ke-77 RI, dibarengi pengibaran bendera sebulan penuh pada Agustus 2022 di sekitar Tugu Kujang.

"Ini satu-satunya di Indonesia, satu bulan penuh mengibarkan merah putih dan berbagai macam kegiatan saya laporkan ke pak menteri (Menparekraf)," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto usai mengikuti kegiatan gowes PHRI biketour 2022, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu pagi.

Bima Arya memandang pada momen HUT ke-77 RI kali ini, perlu dibuat juga sebagai peluang meningkatkan pendapatan lokal Kota Bogor dengan konsep wisata nasionalis. Pengibaran bendera di Tuju Kujang yang merupakan simbol pusat Kota Bogor dengan ikon khas itu terletak strategis di putaran sistem satu arah (SSA).

Di sekitar Tuju Kujang terdapat Kebun Raya Bogor sebagai tempat wisata favorit yang sudah terkenal dan diapit Jalan Pajajaran, jalan akses utama ke dalam atau ke luar Kota Bogor dan Jalan Otista menuju kawasan Pecinan Suryakencana.

Tugu Kujang juga menjadi trek aktivitas olahraga masyarakat dan aktivitas sosial lain, sehingga pengibaran bendera dan rangkaian kegiatan HUT ke-77 RI akan menjadi perhatian masyarakat."Jadi bukan hanya untuk penguatan nasionalisme tapi juga untuk wisata, untuk local income kita. Jadi ini wisata nasionalis lah, kira-kira gitu," ujar Bima.

Bima menyampaikan di Kota Bogor saat ini bukan hanya menargetkan pemulihan ekonomi namun juga pantulan potensi ekonomi (economic rebound) dari satu wilayah ke wilayah lain, atau dari satu potensi ekonomi lokal ke potensi ekonomi lain, termasuk ekonomi kreatif.

"Jadi terima kasih mas menteri (Menparekraf Sandiaga Uno) meluangkan waktunya. Yang kedua kami laporkan tadi, Bogor ini targetnya bukan hanya economic recovery, bukan hanya recover tapi rebound," katanya.

Bima Arya mencontohkanpotensi ekonomi dari Kampung Wisata di Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan dengan mengandalkan seluas 12 hektare sawah sebagai Surga yang tersisadi perkotaan telah membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Wisata sawah yang sempat menjadi lokasi peragaan busana di alam terbuka persawahan dari perancang busana tradisional itu telah memberi peluang ekonomi katering dan pemandu wisata lokal.

"Makanya kampung wisata, kampung tematik kita dorong terus. Tadi saya cerita sedikit, tentang Mulyaharja, Ciharashas, bagaimana dari dampak pandemi yang besar, banyak pengangguran sekarang warga di sana jadi tour gate, ibu-ibunya buka catering dan lain-lain, jadi mas menteri (Sandiaga Uno) janji akan mengunjungi Ciharashas ketika panen nanti," kata Bima.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile