Jumat 20 Dec 2019 06:01 WIB

Kehadiran Toko Buku Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Garut

Kabupaten Garut menjadi kota ke-51 yang dipilih untuk mendirikan Toko Buku Gramedia.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
 Warga melakukan transaksi di toko buku Gramedia (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga melakukan transaksi di toko buku Gramedia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Toko Buku Gramedia resmi membuka cabang di Kabupaten Garut, Kamis (19/12). Kehadiran toko buku itu disambut meriah masyarakat Kabupaten Garut. Berdasarkan pantauan Republika.co.id, ratusan masyarakat yang didominasi oleh pelajar mengantre untuk masuk ke dalam toko buku yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 14, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut itu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Lisnawati menyambut baik kehadiran toko buku besar di wilayahnya. Ia mengatakan, dengan semakin ramainya toko buku, masyarakat Kabupaten Garut akan lebih mudah mengakses bacaan. "Tadinya untuk ke toko buku besar kita mesti ke Bandung. Tapi sekarang sudah tersedia di Garut," kata dia, Kamis.

Baca Juga

Ia berharap, dengan kehadiran toko buku besar di Kabupaten Garut, minat baca masyarakat akan meningkat. Hasil akhirnya, kualitas sumber daya masyarakat (SDM) dari Garut juga akan meningkat.

Ia mengakui, saat ini indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Garut masih rendah. Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tingkat buta aksara di Kabupaten Garut masih di atas rata-rata Provinsi Jawa Barat. Tingkat buta aksara di Kabupaten Garut tercatat 0,97 persen, sementara rata-rata Jawa Barat 0,19 persen.

"Dengan adanya toko buku akan membantu meningkatkan kualitas masyarkat. Dengan adanya buku otomatis literasi masyarakat akan meningkat. Kita juga akan terus dorong agar masyarakat rajin membaca," kata Lisna.

Direktur Operasional Toko Buku Gramedia, V Sugiarto mengatakan, Kabupaten Garut menjadi kota ke-51 yang dipilih untuk mendirikan toko buku. Gramedia Garut merupakan toko Gramedia ke-121 di Indonesia. "Pada pembukaan, kita berikan beragam promo menarik yaitu total voucher 10 juta rupiah untuk 200 pengunjung pertama, khusus pada 19 Desember 2019," kata dia.

Selain itu, ada beberapa produk pilihan yang dibanderol diskon 50 persen seperti tas ransel, printer, kalkulator, dan lain-lain. Di setiap pembelian Rp 300 ribu, pelanggan dapat memenangkan hadiah langsung berupa speaker, mouse, maupun flashdisk. Khusus untuk produk buku, terdapat diskon tambahan 15 persen untuk pelajar.

Ia menjelaskan, untuk kemudahan berbelanja yang lain, pelanggan dapat memanfaatkan fitur Gramedia GO. Gramedia GO terdiri atas dua layanan di dalamnya, yaitu pick up in store dan order from store. Layanan pick up in store merupakan sebuah layanan di mana pelanggan yang melakukan pemesanan buku melalui website atau aplikasi dan dapat mengambil buku pesanannya di toko Gramedia sesuai pilihan.

Sementara layanan order from store bertujuan agar pelanggan dapat melakukan pemesanan dan transaksi secara langsung di toko tersebut. Buku yang dipesan kemudian akan langsung dikirimkan ke alamat yang diinginkan pelanggan secara lebih cepat melalui kurir ekspedisi. Untuk dapat menggunakan layanan ini, pelanggan dapat langsung menghubungi petugas toko.

Memiliki tampilan wajah yang segar dan modern, Gramedia Garut menyediakan berbagai item books maupun non-books yang diisi dengan beragam jenis koleksi buku seperti buku agama, novel, buku anak, buku pelajaran sekolah, dan beragam jenis buku lainnya. Selain itu, terdapat juga bermacam-macam peralatan sekolah yang lengkap dan beragam jenis aksesoris serta mainan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement