Selasa 15 Dec 2020 18:57 WIB

Tanpa Palang Pintu di Perlintasan, Kereta Api Tabrak Mobil

Warga setempat sudah berulang kali meminta ke PT KAI untuk memasang palang pintu

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad
Sebuah mobil rusak akibat tertabrak kereta diderek melintasi pelintasan sebidang tanpa palang pintu di Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (15/12).
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Sebuah mobil rusak akibat tertabrak kereta diderek melintasi pelintasan sebidang tanpa palang pintu di Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (15/12).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Satu unit mobil penumpang berplat nomor B 2069 TKG tertabrak kereta api (KA) di Kampung Pasirpanjang, Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (15/12). Mobil tersebut tertabrak KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong dari arah selatan.

Salah satu saksi di lokasi kejadian, Cicih (50 tahun) mengatakan, peristiwa itu terjadi pada sekira pukul 14.00 WIB. Warga yang berada di sekitar lokasi langsung menghampiri mobil tertabrak tersebut. "Tadi saya lagi shalat, tahu-tahu ada suara benturan keras. Pas dilihat sudah ada mobil tertabrak," kata dia di lokasi kejadian. 

Ia menyebutkan, mobil itu berisi tiga orang penumpang. Mobil tersebut sempat terseret kereta sekira 10 meter dari lokasi awal. Menurut dia, tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya saja, para penumpang di mobil tersebut mengalami luka-luka. Sementara mobil yang tertabrak mengalami kerusakan berat.

Cicih menambahkan, sebelum kejadian tabrakan itu, warga sempat meneriaki pengemudi, mengingatkan ada kereta yang akan melintas. Namun, pengemudi tetap melaju ke perlintasan kereta tanpa palang pintu tersebut. "Memang di sini sering kejadian kecelakaan," kata Cicih.

Menurut dia, warga setempat sudah berulang kali meminta ke PT KAI untuk memasang palang pintu otomatis. Namun, permintaan itu tak juga direalisasikan hingga saat ini. "Biasanya yang jaga itu santri, tapi santri sekarang sedang mengaji. Ada petugas kalau hari besar doang, misalnya Lebaran," kata dia.

Di lokasi kejadian juga terdapat sejumlah petugas PT KAI. Namun, para petugas itu tak mau memberikan keterangan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement