Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

12 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pengadilan Negeri Donggala Kibarkan Bendera Merah Putih dalam Laut

Kamis 18 Aug 2022 02:37 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Pengibaran bendera di dalam laut (ilustrasi)

Pengibaran bendera di dalam laut (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Bendera MA juga dikibarkan di dalam laut sekaligus memeringati HUT MA.

REPUBLIKA.CO.ID, DONGGALA -- Pengadilan Negeri (PN) Donggala mengibarkan bendera merah putih di dalam laut kedalaman 12 meter. Pengibaran bendera dalam air itu untuk memeringati HUT ke-77 RI dalam rangkaian gebyar Justitia 5-19 Agustus di pantai Tanjung Karang, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kami merangkaikan dengan HUT MA oleh karena itu bendera MA juga dikibarkan di dalam laut," kata Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Ni Kadek Susantiani usai pengibaran bendera bawah laut di Donggala, Kamis (17/8/2022). 

Baca Juga

Ia menjelaskan pengibaran bendera di dalam laut antara teluk Palu dan selat Makassar itu, untuk menggambarkan dalamnya nilai-nilai keadilan yang dijunjung tinggi untuk setiap proses hukum yang berlangsung. Selanjutnya, Susantiani mengatakan, hal tersebut untuk menunjukkan bahwa hukum Indonesia turut menjamin serta memberikan perlindungan terhadap keberlangsungan hidup biota laut.

"Maknanya kurang lebih seperti itu agar masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan laut tidak dengan cara-cara yang melanggar hukum di antaranya seperti bom ikan," ujarnya.

Dalam pengibaran bendera di kedalaman 12 meter itu, lanjut Susantiani, PN Donggala melibatkan lima penyelam yang tidak lain adalah pegawai setempat. Mereka adalah Anggi Sophian, Yohanes Manalu, Dearman Saragih, Imas Angga Pradhita dan Muhammad Habib Jauhar Arifin.

"Lima pegawai ini memang sudah sering melakukan rutinitas menyelam di tengah padatnya pengabdian mereka terhadap negara di Pengadilan Negeri Donggala, dan alhamdulillah penyelaman ini didukung cuaca yang cerah sehingga berjalan lancar," ujarnya.

Susantiani juga menyampaikan, tujuan lain dari pengibaran bendera merah putih dan bendera MA di dalam laut, untuk memasifkan promosi wisata bahari Kabupaten Donggala yang memiliki 17 gugus bunga karang. "Karena seluruh daerah pengadilan di Indonesia memiliki keunggulan wisata masing-masing baik dari segi budaya maupun keindahan alam lainnya, maka kami dari PN Donggala ikut menyemarakkan HUT RI dan MA dengan ikut mempromosikan wisata bahari Donggala untuk memberi motivasi ke masyarakat agar melakukan hal yang sama," ujar Susantiana.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile