Selasa 14 Jan 2020 19:14 WIB

Billy Mambrassar akan Bina Inkubator Bisnis UTU Aceh

Inkubator bisnis dan UMKM menjadi penyokong utama perekonomian Indonesia.

Red: Andi Nur Aminah
Staf Khusus Presiden Joko Widodo dari kalangan millennial Gracia Billy Mambrassar (tengah) memberikan kuliah umum kepada mahasiswa di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Senin (9/12/2019).
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Staf Khusus Presiden Joko Widodo dari kalangan millennial Gracia Billy Mambrassar (tengah) memberikan kuliah umum kepada mahasiswa di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Senin (9/12/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Gracia Billy Mambrasar mengatakan akan mendukung dan membina program inkubator bisnis di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. "Inkubator bisnis dan UMKM menjadi penyokong utama perekonomian Indonesia. Pemberdayaan UMKM menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin," kata Billy Mambrassar dalam keterangan tertulis di Meulaboh, Selasa (14/1).

Hal ini ia sampaikan usai menerima kedatangan Dosen Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Said Ahmad di Istana Negara Jakarta. Menurut Billy, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), usaha mikro kecil menengah (UMKM) berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian dengan menyerap 89,2 persen.

Baca Juga

UMKM menyumbang 60,34 persen dari PDB Nasional, dam UMKM menyumbang 14,17 dari total ekspor. Oleh karena itu, Billy mengatakan, pemberdayaan UMKM menjadi salah satu prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hal ini menjadi target utama dirinya selaku Staf Khusus Presiden Republik Indonesia untuk mengelorakan semangat berwira usaha bagi millienial di Tanah Air. "Kita akan mendorong para milenial memiliki pola pikir untuk menjadi pembisnis sukses, sebagaimana silicon valley di Amerika dibentuk untuk melahirkan entrepreneurs," kata Billy Mambrassar.

Ia juga berharap nantinya inkubator bisnis Universitas Teuku Umar menjadi pilot project sinergis antara universitas, pemerintah pusat/daerah dan sektor swasta. Terutama dalam menumbuhkan inovasi dan semangat entrepreneurship di kalangan millennial, dan menjadi wadah bagi membantu pelaku UMKM dalam meningkatan kinerja keuangan, pemasaran, operaisonal dan sumber daya manusianya.

Sementara itu, Ketua Incubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Said Achmad Kabiru Rafiie mengatakan kedatangannya ke Jakarta, untuk menyerahkan surat Rektor Universitas Teuku Umar. Rektor UTU memohon kesediaan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia untuk membina 5.000 mahasiswa UTU yang terlibat dalam mata kuliah entrepreneurship.

Tidak hanya itu, Billy juga diharapkan mampu membina para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya dan kawasan Barat Selatan Provinsi Aceh. "Dalam laporannya kepada staf khusus presiden, Said Ahmad juga turut menyertakan Road Map 2020 yang berisikan kegiatan dan program Incubator business di tahun 2020," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement