Rabu 24 Jun 2020 23:29 WIB

Ogan Komering Ilir Kembangkan Wisata Medis

Pengembangan medical tourism di Teluk Gelam cukup menjanjikan.

Red: Agung Sasongko
Pantai. Ilustrasi
Foto: AOL
Pantai. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, mengembangkan wisata medis di Kawasan Bumi Wisata Teluk Gelam.

Bupati Kabupaten OKI Iskandar di Kayuagung, Rabu, mengatakan konsep wisata medis (medical tourism) adalah menawarkan pelayanan medis yang aman dan nyaman sambil menikmati keindahan alam di Teluk Gelam OKI.

“Nanti orang datang ke sini sebagai pasien, yang sekaligus bisa memanfaatkan wisata di sekitarnya,” kata Iskandar saat meninjau dan meresmikan Hotel Kembar Teluk Gelam sebagai PDP Center Covid-19.

Ia mengemukakan untuk mewujudkan visinya tersebut pihak pemkab sudah melakukan renovasi total Hotel Kembar Teluk Gelam yang kini diperuntukan jadi PDP Center Covid-19.

Iskandar mengatakan Teluk Gelam merupakan kawasan terpadu, selain memiliki dua hotel berbintang juga miliki fasilitas wisata. “Pasien yang mau berobat bisa sambil wisata, untuk mempercepat masa pemulihan,” kata dia.

Ia mengatakan pihaknya pun akan segera melakukan kajian perencanaan serta mengundang investor yang berpengalaman dalam pengelolaan rumah sakit.

“Coba hitung berapa banyak WNI yang pergi ke luar negeri untuk berobat, bagaimana kami menangkap peluang di tengah COVID-19 ini dengan menyediakan fasilitas kesehatan yang lengkap di dalam negeri,” katanya.

Pengembangan medical tourism di Teluk Gelam, menurutnya, cukup menjanjikan mengingat ketersediaan infrastruktur didukung keindahan alam sekitar serta masih sedikit daerah di Indonesia yang mengembangkan konsep tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement