Ahad 19 Sep 2021 16:57 WIB

Muba Sukses Gelar Event Kejurnas Motoprix Piala Presiden

Ribuan Penonton Antusias Saksikan Live Streaming Motoprix di Sirkui Skyland

Red: Gita Amanda
Kabupaten Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Beni Hernedi SIP melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata berhasil menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021.
Foto: Musi Banyuasin
Kabupaten Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Beni Hernedi SIP melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata berhasil menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU -- Sirkuit Internasional Skyland Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhasil mencatat sejarah dan menjadi saksi yang telah andil berhasil menyukseskan event balap motor bergengsi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021 yang digelar 18-19 September 2021.

Event besutan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Beni Hernedi SIP melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata tersebut menjadi event percontohan perdana di Indonesia yang berhasil digelar pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Alhamdulillah event Kejurnas Motoprix 2021 Piala Presiden RI di Sirkuit Internasional Skyland Kabupaten Muba berhasil digelar, dan event ini akan menjadi barometer event nasional yang sukses digelar di tengah pandemi Covid-19," ungkap Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang dalam kesempatan tersebut diwakili Wakil Bupati Beni Hernedi SIP saat secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Piala Presiden 2021 di Sirkuit Internasional Skyland, Ahad (19/9).

Beni menyebutkan, menyukseskan event Kejurnas Motoprix Piala Presiden bukan perkara mudah, terlebih saat ini meski pandemi Covid-19 terus melandai namun pada pelaksanaan protokol kesehatan harus benar-benar terlaksana dengan baik.

"Berkat kerja keras seluruh panitia yakni Dispopar Muba bersama INI Sumsel tentu event ini berjalan dengan baik dan sukses, ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Muba yang dipercaya bertindak sebagai tuan rumah," ujar Ketua PMI Muba tersebut.

photo
Kabupaten Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Beni Hernedi SIP melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata berhasil menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021. - (Pemkab Muba)

 

Dikatakan, meski digelar tanpa penonton namun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Muba dapat memfasilitasi antusias penonton yang bisa menyaksikan event bergengsi tersebut secara live streaming di Youtube.

"Lewat siaran streaming di Youtube tersebut, tidak hanya penonton dari Muba saja, namun ribuan pecinta event balap motor dari seluruh Indonesia dapat menikmati event Motoprix Piala Presiden 2021 di Sirkuit Internasional Sekayu dapat menyaksikannya dengan antusias," tuturnya.

Beni berharap, pascaevent Motoprix Piala Presiden RI 2021 itu dapat kembali menggelorakan event olah raga di Muba. "Sebagaimana kita ketahui, dengan semangat Pak Bupati Dodi Reza Muba dapat kembali bangkit pascapandemi menjadi destinasi wisata olah raga di Indonesia," harapnya.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumsel, Augie Bunyamin mengapresiasi fasilitas dan kesiapan Muba dalam menyukseskan event bergengsi Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021. "Muba memang sangat luar biasa, tak hanya sekedar memiliki sarana prasarana berupa Sirkuit Berstandar Internasional, namun tantangan menyukseskan event di tengah pandemi pun berhasil dituntaskan dengan baik dan menjadi tuan rumah yang benar-benar sukses dan meriah," ucapnya.

Augie berkeyakinan, Muba akan menjadi barometer dan pilot project dengan telah berhasil menyukseskan event berskala nasional dengan memperebutkan Piala Presiden RI. "Tentu apa yang sudah dilakukan Kabupaten Muba ini dapat menjadi rujukan daerah lain di Indonesia untuk dapat menyukseskan event besar saat pandemi dengan tidak mengenyampingkan Prokes Covid-19," ungkapnya.

Apresiasi terhadap suksesnya event Motoprix Piala Presiden RI 2021 di Sirkuit Internasional Skyland juga datang dari pembalap dari luar Provinsi Sumsel, salah satunya Pembalap dari Provinsi Lampung, Priyo Abadi dari Metro Lampung yang turun di klas 2 Tak 125 cc Underbone Open mengapresiasi kesiapan Muba dalam melaksanakan event level nasional ditengah pandemi.

"Semoga daerah-daerah lain di Indonesia dapat juga menggelar event dengan sukses seperti Kabupaten Muba. Event berjalan sukses dan meriah tentu dengan prokes Covid-19 yang ketat," tuturnya.

Senada dikatakan Ega Sipon, pembalap yang turun di klas 2 tak 155 cc Superpro ini menyebutkan, Muba tidak hanya punya fasilitas dan sarana prasarana olah raga yang hebat namun kesiapan lainnya untuk menyukseskan event besar semua dimiliki Kabupaten Muba.

"Event Motoprix Piala Presiden di Muba ini menunjukan kalau kita dibekali dengan kesiapan dan SDM yang mumpuni tentu meski situasi Covid-19 menjadi penghalang akan bisa dilewati dengan baik bahkan berjalan sukses," pungkasnya.

Kepala Dispopar Muba, Muhammad Fariz SSTP MM mengatakan, berjalannya event Motoprix Region A Putaran III Sumsel Piala Presiden 2021 dengan sukses tentu tidak terlepas dari support yang maksimal dari Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA beserta segenap Forkopimda dan seluruh masyarakat Muba.

"Semoga Muba dibawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza dan Wakil Bupati Beni Hernedi ke depan dapat terus menyukseskan event-event bergengsi baik level nasional maupun internasional," harapnya.

Diketahui, dalam ajang diikuti sebanyak 192 pembalap Region Sumatera dan ada tiga kelas yang dilombakan yaitu, kelas Kejurnas, Kelas Pendukung atau Supporting, dan Kelas Lokal Muba. Selain itu, akan ada lomba untuk kelas 4 TAK 150 CC tune up injeksiexpert, Bebek 4 TAK 150 cc tune up injeksi novice, Bebek 4 TAK 150 cc standar injeksi rookie.

Selanjutnya, kelas pendukung supporting diantaranya Bebek 4 TAK 150 cc tune up mix open (MP3), Bebek 4 TAK 125 cc tune up mix open (MP 6), Bebek 2 TAK 116 cc standard open, Bebek 2 TAK 125 cc Underbone open, Sport 144 cc open, sport s/d 155 cc super pro, matic 130 cc tune up open. Sedangkan, kelas lokal Musi Banyuasin Bebek 4 TAK 150 cc tune up mix (MP3), Bebek 4 TAK 125 cc tune up mix (MP 6).

Acara turut dihadiri Kajari Muba Marcos Marudut Mangapul Simaremare SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Hendra Halomoan SH MH,  Ketua Pengadilan Agama Sekayu Waluyo SAg MAg, Anggota DPRD Muba, Perwakilan Dandim 0401, Perwakilan Kapolres Muba, Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi, IMI Pusat, IMI Sumsel, IMI Muba, Ketua Koni Muba Agus Raflen, dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement