Senin 05 Sep 2022 11:16 WIB

Pertemuan G20 Belitung Digelar di KEK Pariwisata

Pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 digelar di KEK pariwisata Belitung

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Foto udara wisatawan berlibur di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/5/2022). Pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 digelar di KEK pariwisata Belitung. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Foto udara wisatawan berlibur di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/5/2022). Pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 digelar di KEK pariwisata Belitung. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG - Pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 7 sampai 9 September 2022 mendatang digelar di kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata Sheraton Belitung Resort. Keterangan ini disampaikan pengelola KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Belitung, Daniel Alexander.

Lokasi pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di KEK pariwisata membentang di lahan seluas 1.500 meter persegi sehingga diharapkan bisa memberikan rasa nyaman dan aman bagi peserta dari berbagai negara. "Persiapan lokasi pertemuan G20 sampai hari ini sudah 100 persen atau tinggal memasukkan sejumlah interior vital dan menyusun dekorasi untuk mempercantik ruang pertemuan," katanya, Senin (5/9/2022).

Baca Juga

Menurutnya, pembangunan lokasi pertemuan di KEK pariwisata dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Presiden menginstruksikan agar lokasi pertemuan digelar dengan pendekatan ramah lingkungan yang tidak merusak alam serta mengedepankan material dan kearifan lokal sebagai langkah nyata untuk mengurangi dampak pemanasan global.

Daniel mengatakan lokasi pertemuan G20 di KEK pariwisata tersebut diberi nama Kampong Kecit yang dalam bahasa lokal memiliki arti sebuah perkampungan kecil yang dibangun dengan memperhatikan konsep ramah lingkungan dan keberlanjutan. Daniel menambahkan, Kampong Kecit merupakan simbol pesta rakyat masyarakat Pulau Belitung dalam memeriahkan pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu.

"Masyarakat terlibat langsung dalam memeriahkan kegiatan itu yang menjadi sejarah penting karena belum tentu akan terulang kembali 100 tahun ke depan, di mana perwakilan para menteri 20 negara datang dalam satu waktu bersamaan," ujarnya.

Di lokasi acara nantinya juga telah disiapkan sentra produk UMKM dan ekonomi kreatif setempat yang merupakan produk terkurasi dengan kualitas standar internasional. "Setiap masyarakat akan memamerkan langsung produk lokal dan memperkenalkannya secara langsung kepada para delegasi sehingga produk-produk mereka berpotensi untuk dikenal langsung oleh peserta dari 20 negara," kata Daniel.

Dijadwalkan para delegasi pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung akan mulai berdatangan pada 6 September 2022. "Satu hari sebelum digelar G20 atau pada 6 September 2022, delegasi menteri dari 20 negara sudah mulai tiba di Belitung," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement