Monday, 27 Rabiul Awwal 1446 / 30 September 2024

Monday, 27 Rabiul Awwal 1446 / 30 September 2024

DPD Minta Peningkatan Kapasitas sebagai Lembaga Negara

Sabtu 05 Sep 2015 14:29 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

DPD RI

DPD RI

Foto: antaranews

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI berharap sinergi dengan media dapat semakin ditingkatkan. Sehingga, upaya penguatan peran DPD RI sebagai respresentasi daerah dapat dimaksimalkan.

Wakil Ketua DPD RI, Farouk Muhammad mengatakan, minimnya fungsi DPD RI selama ini membuat perannya menjadi kurang maksimal sebagai representasi dan saluran aspirasi daerah. "Selama ini kinerja DPD RI sering diasumsikan hanya terjadi secara simbolis, " ujar dia dalam diskusi yang berlangsung pada cara Press Gathering DPD RI di Hotel Ijen Suite Malang, Jawa Timur, Jumat (4/9).

Asumsi simbolis itu termasuk dalam fungsi representasi aspirasi masyarakat daerah dalam isu-isu yang langsung berhubungan dengan rakyat. Namun, Ia menilai asumsi itu tidak sepenuhnya benar.

"Suara DPD RI sudah mulai didengar dan keberadaannya juga sudah mulai diperhitungkan oleh pemerintah dan DPR RI," katanya. Ia juga mengatakan, sebagai lembaga baru yang sangat terbatas fungsinya menurut undang-undang, DPD RI diasumsikan akan kesulitan untuk terjun langsung dalam menyelesaikan masalah-masalah negara dan rakyat.