Peringati Hari Kartini, Istri-Istri Anggota DPR Kunjungi Rutan

Rabu , 27 Apr 2016, 16:59 WIB
Warga binaan mengikuti lomba peragaan busana kebaya di Rutan khusus Wanita Klas II A Pondok Bambu, Jakarta, Kamis (21/4). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Warga binaan mengikuti lomba peragaan busana kebaya di Rutan khusus Wanita Klas II A Pondok Bambu, Jakarta, Kamis (21/4). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR RI mengunjungi rumah tahanan (rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur. Kunjungan ke Rutan Wanita Pondok Bambu ini dalam rangka memperingati Hari Kartini.

"Kami ingin menjalin tali kasih kepada warga binaan yang ada di Rutan Pondok Bambu. Karena bagaimanapun juga warga binaan di rutan ini juga menjadi Kartini bagi keluarganya masing-masing," ujar Ketua umum PIA DPR RI, Netty Ade Komarudin, seusai kunjungan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Selasa (26/4).

Kegiatan tersebut, kata Netty, merupakan bagian dari program sosial PIA selama ini. Sebab, menurut dia, PIA juga ikut bertanggung jawab membantu warga binaan agar kelak bisa kembali hidup dan bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, Netty yang didampingi oleh Wakil Ketua PIA DPR RI Grace Fadli Zon dan Ishta Agus Hermanto dan istri-istri dari 10 Fraksi DPR RI ini juga mengapresiasi program-program pembinaan yang dibuat pihak rutan untuk menyiapkan warga binaan menjadi warga negara yang lebih baik.

Hal itu terlihat dari adanya berbagai kegiatan, baik kegiatan keagamaan, olahraga, jasa boga, kecantikan, maupun  keterampilan berupa karya seni lainnya.

Kepala Rutan Jakarta Timur, Sri Susilarti, mengaku terharu sekaligus bahagia atas kehadiran PIA DPR. Karena, menurut dia, ada tiga pilar dalam pemasyarakatan, yakni warga binaan, petugas, dan masyarakat.