Anggota Komisi XI Apresiasi Peluncuran 'Kartu Indonesia Satu'

Sabtu , 08 Apr 2017, 14:59 WIB
Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)
Foto: dok. Republika
Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Anggota DPR RI Komisi XI, Sukiman, mengapresiasi langkah Kementerian Keuangan yang meluncurkan Kartu Indonesia Satu (Kartin1). Karena, hal itu bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses atau mendapatkan layanan.

"Masyarakat akan mendapatkan kemudahan memanfaatkan layanan yang terintegrasi seperti ini. Kita sangat apresiasi," ujarnya di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa Kartin1 mengarah pada 'single identity number' di mana nomor induk kependudukan digunakan sebagai akses dalam mendapatkan layanan di berbagai sektor, termasuk di perbankan dan keuangan.

"Kita ketahui juga bahwa negara lain sudah banyak yang memakai sistem seperti ini dan sangat bagus," kata legislator asal Dapil Kalbar ini.

Ia mengatakan kartin1 tidak hanya memberikan kemudahan layanan. Tapi, kartu tersebut juga dapat meningkatkan penerimaan negara lantaran ada fitur layanan pajaknya.

"Hanya saja, saat ini kami belum tahu detil soal apa saja manfaat dari kartu ini. Rencananya memang kami di Komisi XI mau rapat dengan Menteri Keuangan soal kartu ini. Mungkin dalam waktu dekat ini,'' katanya.

 

Sumber : Antara