Bendera Terbalik, Atlet Indonesia Diminta Fokus Raih Medali

Rabu , 23 Aug 2017, 09:01 WIB
Bendera merah putih tampak dicetak terbalik di buku panduan SEA Games ke-29 di Malaysia.
Foto: EPA/Fajry Ismail
Bendera merah putih tampak dicetak terbalik di buku panduan SEA Games ke-29 di Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, prihatin atas terjadinya insiden bendera Indonesia terbalik yang ditayangkan di buku panduan dan surat kabar Malaysia pada perhelatan SEA Games 2017.

Menurutnya, hal ini sebagai bukti lemahnya Pemerintah Malaysia dalam mengawasi secara detil pencetakan yang dilakukan oleh Malaysian Sea Games Organising Commitee (MASOC).

“Cukup disayangkan terjadinya peristiwa ini. Apalagi merchandise itu disebar ke beberapa tamu undangan dan 11 perwakilan negara se-ASEAN. Tentu, marwah Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN, bisa terganggu dengan adanya peristiwa memalukan ini,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (23/8).

Meski begitu, dia mengimbau para atlet Indonesia yang bertanding di 38 cabang olahraga untuk tetap fokus raih medali. Insiden tersebut, kata Fikri, secara psikologis bisa mengganggu, ditambah Malaysia sebagai tuan rumah pasti memiliki dukungan luar lapangan berupa banyakya suporter.