Gelar Festival Bakar Ikan Nusantara, Puan Ingatkan Ketahanan Pangan

Puan mengingatkan pentingnya ketahanan pangan.

Sabtu , 25 Jun 2022, 18:11 WIB
Ketua DPR Puan Maharani hadir dalam Festival Bakar Ikan Nusantara di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6/2022). (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua DPR Puan Maharani hadir dalam Festival Bakar Ikan Nusantara di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6/2022). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani hadir dalam Festival Bakar Ikan Nusantara di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6/2022). Dirinya mengingatkan pentingnya ketahanan pangan.

"Kenapa bikin acara resep Mustika Rasa dan bakar ikan bersama, karena apa, sekarang itu ketahanan pangan kedaulatan pangan penting sekali," kata Puan di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Puan mengatakan apalagi di tengah situasi perang seperti yang terjadi di Rusia dan Ukraina, ketahanan pangan menjadi sangat penting. Indonesia dengan kekayaan sumber daya alamnya sangat diuntungkan karena kesuburannya.

"Kita itu gemah ripah loh jinawi apa aja punya, apa aja ditanam itu sehat tanahnya itu subur banget di mana-mana itu," ujarnya.

Salah satu upaya yang dilakukan PDIP untuk mendukung penguatan pangan yaitu dengan menggaungkan supaya bisa masak makanan pengganti beras. Salah satunya yaitu porang. Menurutnya rasa porang tidak jauh berbeda dengan beras.

"Harusnya kita makannya itu kan kayak di wilayah timur Indonesia juga makannya seperti itu," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Puan ikut membakar ikan. Dengan mengenakan apron, Puan mengipasi ikan yang ia bakar. Usai membakar ikan, ia pun menyempatkan santap siang bersama sejumlah jajaran PDIP.