Jumat 05 Aug 2022 15:23 WIB

Perdana, Pesawat Komersial Menuju Israel Lintasi Wilayah Udara Arab Saudi

Penerbangan komersial tersebut dioperasikan oleh maskapai Cathay Pacific Hong Kong.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Penumpang melewati konter Cathay Pacific di Bandara Internasional Hong Kong. Perdana, Pesawat Komersial Menuju Israel Lintasi Wilayah Udara Arab Saudi
Foto: REUTERS/Bobby Yip
Penumpang melewati konter Cathay Pacific di Bandara Internasional Hong Kong. Perdana, Pesawat Komersial Menuju Israel Lintasi Wilayah Udara Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Sebuah penerbangan komersial menuju Israel melintasi wilayah udara Saudi untuk pertama kalinya, Kamis (4/8/2022). Ini merupakan penerbangan pertama sejak Arab Saudi membuka aksesnya untuk semua penerbangan, termasuk penerbangan Israel, bulan lalu.

Penerbangan komersial tersebut dioperasikan oleh maskapai Cathay Pacific Hong Kong. Pesawat lepas landas dari Hong Kong dan dijadwalkan mendarat di Tel Aviv pada Kamis pagi.

Baca Juga

Sebuah layanan pelacakan penerbangan menunjukkan pesawat itu terbang di atas Uni Emirat Arab dan Teluk Persia, sebelum melintasi garis pantai Saudi di dekat kota Damman. Pesawat lantas terbang di atas Arab Saudi utara dan Yordania, lalu memasuki wilayah Israel di utara Laut Mati.

Penerbangan Cathay Pacific lainnya dari Hong Kong ke Tel Aviv awal pekan ini mengambil rute yang berbeda. Ia terbang ke arah barat laut di atas China, Kazakhstan dan Turki, selanjutnya memasuki wilayah udara Israel dari Laut Mediterania.

Dilansir di Times of Israel, Jumat (5/8/2022), Kerajaan Saudi mengumumkan telah membuka wilayah udaranya untuk semua penerbangan sipil beberapa jam sebelum Presiden AS Joe Biden, pemimpin AS pertama yang terbang langsung dari Israel, menuju Kerajaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement