Selasa 03 Aug 2021 20:13 WIB

Pemprov Jabar Beri Kadeudeuh ke Kafilah  MTQ Jabar

Pemprov Jabar Beri Kadeudeuh ke Kafilah  MTQ Jabar

Rep: Ari lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil
Pemprov Jabar Beri Kadeudeuh ke Kafilah  MTQ Jabar. Foto:   MTQ (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pemprov Jabar Beri Kadeudeuh ke Kafilah  MTQ Jabar. Foto: MTQ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan kadeudeuh kepada kafilah MTQ Jabar yang meraih juara ketiga pada MTQ XXVIII/2020 tingkat nasional di Padang, Sumatera Barat. 

Adapun kadeudeuh yang berikan masing-masing Rp150 juta untuk cabang tilawah anak-anak putera, tahfiz 30 juz putera, dan cabang khat kontemporer puteri. 

Baca Juga

MTQ di Padang sendiri telah selesai digelar November 2020. Namun karena pandemi kadeudeuh dari Pemprov Jabar belum diberikan. Penyerahan kadeudeuh baru dilakukan secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (3/8). 

Provinsi Jabar dalam gelaran MTQ tersebut mendapatkan poin 47 yang berasal dari 15 cabang lomba. Adapun poin sempurna disumbang dari cabang tilawah anak-anak putera, tahfiz 30 juz putera, dan cabang khat kontemporer puteri. 

Oleh karena itu, Ridwan Kamil mengatakan pemberian kadeudeuh ini adalah bagian dari komitmen dan niat Pemda Prov Jabar kepada kafilah MTQ Jabar. Agar dapat membantu meringankan beban selama pandemi Covid-19. 

“Di hari ini saya ingin secara fisik hadir, intinya kami selalu ingin mengapresiasi nama baik yang mengharumkan Jabar, baik itu bidang keagamaan ataupun yang lainnya,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil. 

Emil pun mengapresiasi prestasi yang diraih kafilah Jabar berhasil menempati peringkat ketiga. “Saya ucapkan selamat atas prestasi dari kafilah MTQ Jabar yang berhasil meraih prestasi sangat baik tiga besar di MTQ nasional,” katanya. 

Menurut Emil  semangat Jabar Juara Lahir Batin hadir dalam jiwa kafilah Jabar. Prestasi ini harus ditingkatkan di ajang selanjutnya. 

“Jabar Juara Lahir Batin muncul dalam semangat kafilah MTQ Jabar. Nah, yang sudah baik kita pertahankan yang kurang di evaluasi untuk diperbaiki,” katanya. 

Emil merasa prestasi demi prestasi yang diraih saat pandemi menjadi kebanggaan dan hiburan tersendiri bagi masyarakat yang sedang prihatin. Selain MTQ, Emil juga mengapresiasi upaya atlet – atlet Jabar yang mewakili Indonesia pada Olimpiade Tokyo yang saat ini masih berlangsung. 

Indonesia sementara mengumpulkan lima medali, dua medali diraih oleh atlet asal Jabar yakni Windy Cantika Aisah asal Kab Bandung dari cabor angkat berat, serta Anthony Sinisuka Ginting dari cabor badminton.   

“Jadi juara lahir batin terasa hari ini, lahirnya olahraga, batinnya dari MTQ,” kata Emil. 

 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا ضَرَبْتُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَتَبَيَّنُوْا وَلَا تَقُوْلُوْا لِمَنْ اَلْقٰىٓ اِلَيْكُمُ السَّلٰمَ لَسْتَ مُؤْمِنًاۚ تَبْتَغُوْنَ عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۖفَعِنْدَ اللّٰهِ مَغَانِمُ كَثِيْرَةٌ ۗ كَذٰلِكَ كُنْتُمْ مِّنْ قَبْلُ فَمَنَّ اللّٰهُ عَلَيْكُمْ فَتَبَيَّنُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah (carilah keterangan) dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan ”salam” kepadamu, ”Kamu bukan seorang yang beriman,” (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan dunia, padahal di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah memberikan nikmat-Nya kepadamu, maka telitilah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Nisa' ayat 94)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement