Ahad 30 Jan 2022 09:00 WIB

Balikpapan Tempat Pengukuhan Pengurus Baru PBNU

PBNU Siap Iringi Pembangunan IKN Nusantara.

Red: Muhammad Hafil
Balikpapan Tempat Pengukuhan Pengurus Baru PBNU. Foto:  Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf (tengah) didampingi Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar (kanan) dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (kiri) bersiap menyampaikan keterangan pers di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Yahya Cholil Staquf memperkenalkan jajaran pengurus PBNU masa bakti periode 2022-2027.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Balikpapan Tempat Pengukuhan Pengurus Baru PBNU. Foto: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf (tengah) didampingi Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar (kanan) dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (kiri) bersiap menyampaikan keterangan pers di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Yahya Cholil Staquf memperkenalkan jajaran pengurus PBNU masa bakti periode 2022-2027.

REPUBLIKA.CO.ID,BALIKPAPAN—Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memastikan Kota Balikpapan Siap menjadi ruang rumah pengukuhan pengurus baru PBNU. Pengukuhan akan digelar di Balikpapan Sport and Convention Center Dome Balikpapan.

“Hari ini persiapan sudah 90 persen. Tadi saya cek lokasi di Dome panitia juga terus bekerja finalisasi lokasi,” kata Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat berada di rumah KH Samsul Hadi, Ketua PCNU Penajam Paser Utara, Sabtu (29/1).

Baca Juga

Selain pengukuhan pengurus, juga akan dilakukan pencanangan kantor PBNU di ibukota baru di kawasan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Pencanangan kantor baru akan dilakukan pada Minggu (30/1). Sedangkan pengukuhan pengurus PBNU digelar Senin (31/1).

Menurut Gus Ipul, untuk pengukuhan pengurus saat ini panitia sedang dalam proses finalisasi dekorasi di gedung Dome. Proses pengamanan juga telah ditetapkan dan melibatkan paspampres serta personel gabungan.

Panitia juga menyediakan tes swab PCR bagi seluruh pengurus yang akan dilantik. Swab PCR dilakukan mulai hari ini hingga Minggu (30/1). Swab dilakukan dengan cara jemput bola mendatangi lokasi menginap para pengurus yang akan dikukuhkan.

“Semua pengurus, panitia dan undangan harus swab PCR. Jadi kami mengimbau untuk undangan bisa membawa hasil swab PCR ketika datang ke lokasi,” kata Gus Ipul.

Prinsipnya, kata Gus Ipul, pengukuhan pengurus baru akan digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Di lokasi pengukuhan hanya akan dibatasi maksimal 300 orang. Selain Presiden dan Wakil Presiden, sejumlah menteri, pejabat tinggi negara, para Duta Besar negara-negara sahabat serta forkopimda Kalimantan Timur juga akan hadir. Sejumlah tokoh lintas agama serta ketua-ketua organisasi keamanan juga diundang.

Sebanyak dua orang perwakilan masing-masing Pengurus Wilayah NU se Indonesia juga diundang. Sedangkan pengurus cabang hingga ranting NU diimbau untuk mengikuti pengukuhan melalui live streaming yang akan disiarkan melalui kanal YouTube NU Online.

Sementara itu pencanangan Kantor Baru PBNU di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara hanya akan dihadiri oleh beberapa pengurus inti PBNU. Selain akan membangun kantor baru, PBNU juga akan membangun rumah sakit, kampus serta pesantren di Ibu Kota Negara Nusantara.

“Pencanangan kantor baru ini merupakan bentuk komitmen PBNU untuk mengiringi pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Ibukota yang maju salah satu tandanya ada rumah sakit berstandar Internasional dan Perguruan tinggi berkelas dunia. Ini yang juga akan coba dibangun PBNU di IKN Nusantara,” kata Gus Ipul.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَىِٕنْ اَتَيْتَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ بِكُلِّ اٰيَةٍ مَّا تَبِعُوْا قِبْلَتَكَ ۚ وَمَآ اَنْتَ بِتَابِعٍ قِبْلَتَهُمْ ۚ وَمَا بَعْضُهُمْ بِتَابِعٍ قِبْلَةَ بَعْضٍۗ وَلَىِٕنِ اتَّبَعْتَ اَهْوَاۤءَهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَاجَاۤءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ اِنَّكَ اِذًا لَّمِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۘ
Dan walaupun engkau (Muhammad) memberikan semua ayat (keterangan) kepada orang-orang yang diberi Kitab itu, mereka tidak akan mengikuti kiblatmu, dan engkau pun tidak akan mengikuti kiblat mereka. Sebagian mereka tidak akan mengikuti kiblat sebagian yang lain. Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah sampai ilmu kepadamu, niscaya eng-kau termasuk orang-orang zalim.

(QS. Al-Baqarah ayat 145)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement