Senin 07 Mar 2022 22:23 WIB

Ini Daftar Rumah Ibadah yang Rusak Akibat Gempa di Pasaman

Ini Daftar Rumah Ibadah yang Rusak Akibat Gempa di Pasaman.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Ini Daftar Rumah Ibadah Yang Rusak Akibat Gempa di Pasaman. Foto:  Kondisi Masjid Raya Kajai, di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (26/2) yang ambruk akibat gempa bumi bermagnitudo 6,2 kemarin, Jumat (25/2)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Ini Daftar Rumah Ibadah Yang Rusak Akibat Gempa di Pasaman. Foto: Kondisi Masjid Raya Kajai, di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (26/2) yang ambruk akibat gempa bumi bermagnitudo 6,2 kemarin, Jumat (25/2)

REPUBLIKA.CO.ID,PASAMAN-- Dandim 0305/Pasaman Letkol Kav. Hery Bhakti, mengatakan terdapat empat masjid dan enam mushola rusak akibat gempa di Kabupaten Pasaman pada Jumat (25/2) lalu. Rata-rata masjid dan mushola yang rusak itu berada di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari.

Empat masjid yang rusak dan tergolong rusak berat adalah Masjid Nurul Amal yang terletak di Jorong Siparayo. Kemudian Masjid Taqwa di Taruko, Masjid Sungai Langkok dan Masjid Air Apung.

Baca Juga

"Empat Masjid rusak. Masuk kategori rusak parah," kata Hery, Senin (7/3).

Delapan mushola yang rusak adalah Musholla Baitul Amal Sikabu Gadang Jorong Siparayo, Mushalla Nurul Iman Kampung Tangah di Jorong Bungo Tanjung, Mushalla Nurul Iman di Jorong Bukit Lintang, Musholla Nabi Ilman

Mushalla Nurul Tohir Air Apung di Jorong Siparayo, Mushola Kampung Baru di Jorong Bukit Lintang, Mushalla Jorong Parit Batu dan Mushalla Al Mukminin di Kampuang Aua.

Hery menyebut ada delapan TPA dan TPQ yang terdampak gempa. 4 TPA/TPQ yang masuk kategori retak adalah TPA/TPQ Al Mukminin di Padang Jirat Ladang Panjang,  TPA/TPQ  Nur Amal di Kampuang Tangah Ladang Panjang,  TPA/TPQ  Nurul Huda di Kampuang Kajai Ladang Panjang dan  TPA/TPQ  Sungai Langkok di Sungai Langkok.

Tiga TPA/TPQ  yang masuk kategori rusak berat adalag  TPA/TPQ  Taqwa di Taruko Malampah,  TPA/TPQ  Abah Alia di Kampuang Tabek Malampah dan  TPA/TPQ  Surau Saghin di Kampuang Kadua Malampah.

Sarana ibadah dan pendidikan agama yang rusak ini sudah mendapatkan bantuan dari Kementerian Agama dan sejumlah ormas Islam.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement