Senin 02 May 2022 09:15 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Laksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Wapres sempat mengumandangkan takbir selama sekitar 10 menit.

Red: Muhammad Fakhruddin
Suasana jamaah shalat Idul Fitri 1443H/2022 di Masjid Istiqlal pada Senin (2/5).
Foto: Republika/Rizky Surya
Suasana jamaah shalat Idul Fitri 1443H/2022 di Masjid Istiqlal pada Senin (2/5).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di masjid Istiqlal pada Senin, 2 Mei 2022.

Sholat Id dimulai pukul 07.00 WIB dipimpin oleh Hasanuddin Sinaga sebagai imam dan khotib Ketua Umum Baznas Noor Achmad yang membawakan tema "Semangat Kerukunan Berbangsa dan Bernegara".

Baca Juga

Sebelum salat dimulai, Wapres sempat mengumandangkan takbir selama sekitar 10 menit. "Dibutuhkan islah antara kelompok agama satu yang lain. Idul fitri harus membawa fitrah ciptaan yang sama, ciptaan Allah SWT. Manusia itu umat yang satu," kata Noor Achmad di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (2/5/2022).

Pelaksanaan shalat Id di masjid Istiqlal pada tahun ini merupakan yang perdana pasca pandemi COVID-19. Wapres yang mengenakan sarung hitam, jas hitam, kopiah hitam serta syal putih mengambil tempat di baris paling depan di samping Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Bersama Wapres Ma'ruf dan keluarga, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, para duta besar negara sahabat serta pimpinan lembaga tinggi negara.

Tahun ini, masjid Istiqlal membolehkan 150 ribu orang atau sekitar 75 persen dari total kapasitas 250 ribu orang untuk melaksanakan shalat Id. Jemaah melaksanakan shalat hingga lantai 4 masjid Istiqlal.

Jemaah masuk melalui pintu Al-Fatah dan Al-Gafar yang berseberangan dengan kantor Partamina dan Katedral sementara untuk tamu-tamu khusus seperti para menteri, duta besar dan pejabat lainnya masuk melalui pintu Al-Salam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement