Jumat 01 Jul 2022 10:48 WIB

Global Qurban Tetap Berbagi di Saat Negara Berkonflik

Global Qurban telah menyebarkan manfaat kurban ke penjuru negeri dan dunia

Red: Hiru Muhammad
Kurang dari 10 hari lagi Idul Adha akan menyapa kita. Umat Muslim di seluruh dunia mempersiapkannya dengan cara yang berbeda, sesuai budaya masing-masing, namun sarat dengan kemeriahan yang serupa. Semua berada dalam spirit meraih takwa dan kebahagiaan berbagi. Hal ini terekam dalam sebelas tahun perjalanan Global Qurban.
Foto: istimewa
Kurang dari 10 hari lagi Idul Adha akan menyapa kita. Umat Muslim di seluruh dunia mempersiapkannya dengan cara yang berbeda, sesuai budaya masing-masing, namun sarat dengan kemeriahan yang serupa. Semua berada dalam spirit meraih takwa dan kebahagiaan berbagi. Hal ini terekam dalam sebelas tahun perjalanan Global Qurban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kurang dari 10 hari lagi Idul Adha akan menyapa kita. Umat Muslim di seluruh dunia mempersiapkannya dengan cara yang berbeda, sesuai budaya masing-masing, namun sarat dengan kemeriahan yang serupa. Semua berada dalam spirit meraih takwa dan kebahagiaan berbagi. Hal ini terekam dalam sebelas tahun perjalanan Global Qurban.

Selama perjalanannya, Global Qurban telah menyebarkan manfaat kurban ke penjuru negeri dan dunia. Tahun lalu, nikmat kurban menjangkau lebih dari satu juta jiwa di 37 negara. Mereka umumnya para pengungsi konflik kemanusiaan di sekat perbatasan, sampai keluarga pra-sejahtera di desa terpencil. 

Baca Juga

Pada Kurban tahun ini, Global Qurban meluncurkan program #KuduQurban dengan mengusung tema "Kuatkan Tekad, Kudu Qurban". Diharapkan kesadaran berkurban betul-betul dimengerti oleh umat Islam. #KuduQurban ditargetkan menjangkau hingga ke 60 negara yang terdiri dari 18 negara di Benua Asia,  7 negara Timur Tengah dan Syam, 28 negara di Benua Afrika, serta 7 negara di benua lainnya. Selain itu, 385 kota/kabupaten di 34 provinsi di Indonesia tak luput dari sasaran distribusi kurban tahun ini.

Lalu, negara mana saja yang pernah dijajaki Global Qurban dalam misinya memberikan daging kurban terbaik dari Indonesia? Berikut ini beberapa negara yang pernah merasakan lezatnya daging kurban dari Global Qurban.

#KuduQurban di Asia

Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan populasi muslim terbanyak di Asia, bahkan dunia. Namun, muslim di Asia juga menyebar hingga ke pelosok stepa Mongolia. Dari Indonesia hingga Asia Tengah, kurban dibagikan untuk mereka yang paling membutuhkan.

Di kawasan ASEAN, Global Qurban menyambangi Indonesia, Filipina, Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam, dan Kamboja. Beberapa komunitas muslim di negara-negara ini jarang sekali merayakan Iduladha, sehingga kedatangan daging kurban disambut dengan sukacita.

Di Asia Timur, Global Qurban menyapa Taiwan dan masyarakat Uighur di Tiongkok. Bergeser ke tengah, Global Qurban mengirimkan daging qurban ke Mongolia, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan. Di negara-negara eksotis ini, Global Qurban bertemu mereka yang rentan terhadap bencana alam.

Di Asia Selatan, Global Qurban juga menyambangi India, termasuk di dalamnya Kashmir, Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, dan Pakistan. Di negeri-negeri plural ini, muslim hidup berdampingan dengan non-muslim dalam damai. Sayangnya, mereka masih harus menghadapi serangkaian bencana alam yang membuat mereka rentan tidak memiliki makanan. Kemiskinan pun menghantui di tengah geliat pariwisata. Bagi mereka, daging kurban yang diantarkan Global Qurban merupakan berkah yang jarang mereka rasakan.

Di perpotongan Asia dan Eropa, Global Qurban pun mengulurkan tangan pada pengungsi Suriah di Turki. Setelah menyaksikan tahunan konflik berdarah, dikejar trauma dan kehilangan, nikmat kurban menjadi pelipur lara temporer bagi mereka. Sejenak, para pengungsi dapat merasakan nikmatnya kehidupan normal yang biasa mereka rasakan dulu.

#KuduQurban di Timur Tengah yang Dirundung Konflik

Kawasan Timur Tengah pun merasakan nikmatnya daging kurban tahun lalu. Yaman yang masih dirundung konflik, menderita kelaparan, dan terserang epidemi kolera, sejenak bisa berbahagia dengan daging kurban yang ada. Begitu pula dengan Irak yang masih dirundung konflik.

Suriah dan Palestina yang masih berdarah, menyaksikan solidaritas masyarakat Indonesia. Tidak lupa juga, pengungsi Suriah dan Palestina di Yordania dan Lebanon. Kurban dikirim ke tenda-tenda pengungsian, rumah-rumah yang tidak memiliki akses listrik dan air bersih. Daging lezat menjadi penghibur sementara ibu yang kehilangan suaminya, ayah yang kehilangan anggota tubuhnya, dan anak yang dikejar trauma.

Sebagai umat muslim yang peduli, salah satu hal yang bisa kita lakukan yakni #KuduQurban untuk membantu para saudara kita yang tidak bisa menikmati gurihnya daging kurban.

#KuduQurban untuk Menembus Kegersangan dan Instabilitas Politik Afrika

Kegersangan dan instabilitas politik yang masih menghinggapi benua Afrika pun menjadi salah satu alasan mengapa kita #KuduQurban. Di Afrika Timur, ada Madagaskar, Kenya, Ethiopia, Uganda, Somalia, Sudan, dan Sudan Selatan. Global Qurban menyambangi tenda-tenda pengungsian rapuh, menambahkan gizi untuk anak-anak yang menderita malnutrisi.

Di Afrika Tengah, ada Chad dan Kamerun. Di dua negara ini, Global Qurban mengantar daging untuk mereka yang menderita di tengah gerakan kelompok agresif. Global Qurban juga memberikan penghiburan untuk mereka yang baru menjadi mualaf. Semua diingatkan lagi akan kebesaran Allah dan rezeki yang diturunkan-Nya melalui berbagai pintu.

Di Afrika Barat, ada Sierra Leone, Mali, Gambia, Nigeria, dan Ghana. Terakhir, di Afrika Utara, ada Mauritania. Beragam isu masih bertahan di negara-negara ini, mulai dari kekerasan terhadap perempuan, rasisme, kekeringan, kelaparan hingga konflik bersenjata. Semua menjadikan mereka rentan dan berusaha mencari suaka di tempat yang lebih baik. 

Ikhtiar Global Qurban

Puluhan negara telah dijajaki Global Qurban, puluhan negara menggulirkan cerita penuh suka dan duka, puluhan negara mengenal Indonesia sebagai bangsa murah hati. Semua itu karena dukungan dan keyakinan masyarakat Indonesia.

Kini, hanya tersisa kurang dari 10 hari hingga umat Muslim kembali menjemput Iduladha. Tim Global Qurban sedang bersiap dan berbenah, sepenuh hati bertekad menghadirkan kurban terbaik bagi masyarakat Indonesia dan dunia melalui program #KuduQurban. Tahun ini, Global Qurban akan mendedikasikan kurban ke lebih dari 38  negara di dunia. 

Mari, sambut kedatangan 10 hari pertama Zulhijah dengan #KuduQuran. Jadikan sedekah tahun ini bernilai istimewa di bulan Zulhijah bersama Global Qurban. Tunaikan kurban terbaik dengan mengunjungi website www.globalqurban.com atau dapat melakukan pembelian melalui marketplace online diantaranya Aladin Mall (Mister Aladin), Alfa Pop, Blibli, Elevenia, Halalpedia, iStyle, JDID, Klik Indomaret, Lazada, dan Ralali. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi langsung gerai Global Qurban yang ada di 78 kantor cabang ACT  di seluruh Indonesia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement