Senin 23 Aug 2021 09:55 WIB

CIMB Thai dan CIMB Niaga Layani Pembayaran QR Lintas Negara

Langkah ini untuk memperluas akseptasi transaksi kode QR.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Pembeli melakukan pembayaran dengan memindai kode Quick Response (QR) (ilustrasi). CIMB Thai dan CIMB Niaga melayani pembayaran menggunakan kode QR lintas negara.
Foto: ARI BOWO SUCIPTO/ANTARA
Pembeli melakukan pembayaran dengan memindai kode Quick Response (QR) (ilustrasi). CIMB Thai dan CIMB Niaga melayani pembayaran menggunakan kode QR lintas negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CIMB Thai Bank Public Company Limited (CIMB Thai) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bekerja sama layanan pembayaran berbasis QR Code antara Thailand dan Indonesia. Adapun langkah ini menyusul kolaborasi Bank of Thailand dengan Bank Indonesia untuk memperluas akseptasi transaksi kode QR antar negara. 

Mulai September 2021, CIMB Thai akan menjadi salah satu dari tiga bank pertama di Thailand yang terpilih menjadi settlement bank pembayaran berbasis QR lintas negara antara kedua negara tersebut. Para nasabah CIMB Thai yang melakukan perjalanan ke Indonesia dapat memanfaatkan aplikasi mobile CIMB Thai Digital Banking pembayaran QR secara langsung pada toko-toko tradisional maupun toko daring di Indonesia. 

Baca Juga

Hal yang sama juga berlaku bagi nasabah CIMB Niaga yang bepergian ke Thailand dapat memakai fitur pembayaran QR pada aplikasi digital banking Octo Mobile untuk membayar transaksi di negara tersebut.

President and CEO CIMB Thai Paul Wong Chee Kin mengatakan, berbagai manfaat dari program ini dapat dirasakan wisatawan dan merchant, baik di Thailand maupun Indonesia. Hal ini seiring mulai pulihnya sektor usaha perjalanan setelah negara-negara di dunia kembali bangkit dari pandemi. 

Di Indonesia, pembayaran dengan kode QR dapat dilakukan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk bertransaksi barang dan jasa. Di Thailand, pembayaran dengan kode QR dapat dilakukan melalui Thai QR Codes. 

Pembayaran berbasis kode QR juga dinilai lebih aman, karena nasabah tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak. Nasabah dapat berhemat karena tidak ada lagi biaya dan komisi seperti biaya kurs.

"Pembayaran lintas-negara dengan kode QR antara Thailand dan Indonesia merupakan koridor kedua yang akan diberlakukan di ASEAN dengan ikut sertanya CIMB Thai," ujar Paul dalam keterangan resmi seperti dikutip Senin (23/8).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement