Selasa 18 Jan 2022 22:38 WIB

Sepanjang 2021, Jamkrindo Realisasikan KUR Rp 130,3 Triliun

Pemerintah menyebut Jamkrindo jadi jembatan UMKM peroleh akses keuangan seperti KUR

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Direktur Utama PT Jamkrindo (Persero) Putrama W Setyawan (kiri).  Putrama Wahju Setyawan mengatakan penghargaan tersebut memotivasi perusahaan untuk senantiasa berinovasi secara prudent dalam memberikan layanan yang prima bagi UMKM. Lebih lanjut, Putrama mengatakan, pada 2021, Jamkrindo telah merealisasikan penjaminan KUR sebesar Rp 130,3 triliun, naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 90,4 triliun.
Foto: dok. Jamkrindo
Direktur Utama PT Jamkrindo (Persero) Putrama W Setyawan (kiri). Putrama Wahju Setyawan mengatakan penghargaan tersebut memotivasi perusahaan untuk senantiasa berinovasi secara prudent dalam memberikan layanan yang prima bagi UMKM. Lebih lanjut, Putrama mengatakan, pada 2021, Jamkrindo telah merealisasikan penjaminan KUR sebesar Rp 130,3 triliun, naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 90,4 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jamkrindo mengantongi penghargaan sebagai perusahaan penjamin kredit usaha rakyat (KUR) terbaik 1 pada 2021 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia ajang KUR Award. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan adanya program KUR, UMKM semakin termotivasi dapat maju. “Pada 2022, pemerintah telah menaikkan plafon KUR menjadi Rp 373,17 Triliun, dengan kenaikan ini harapannya UMKM betul-betul dapat termotivasi,” ujarnya saat webinar, Selasa (18/1/2022).

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi kontribusi perusahaan penjamin kredit. Ia mengatakan, perusahaan penjamin kredit bisa menjembatani UMKM untuk memperoleh akses keuangan dari lembaga keuangan.

“Peran perusahaan penjamin sangat penting (dalam program KUR), sehingga bank penyalur berani dan lebih progresif memberikan pinjaman kepada UMKM. Apalagi banyak UMKM terkendala dari segi kecukupan collateral. Maka itu ke depan penjaminan harus semakin progresif mendampingi penyaluran KUR,” ujarnya.

Direktur Utama Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan mengatakan, penghargaan tersebut memotivasi perusahaan untuk senantiasa berinovasi secara prudent dalam memberikan layanan yang prima bagi UMKM. Lebih lanjut, Putrama mengatakan, pada 2021, Jamkrindo telah merealisasikan penjaminan KUR sebesar Rp 130,3 triliun, naik dari tahun sebelumnya Rp 90,4 triliun.

“Program KUR merupakan program yang sangat strategis untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Kami sangat berterima kasih karena telah dipercaya untuk terlibat dalam program KUR. Pencapaian yang ditorehkan sebagai Penjamin KUR Terbaik 1 tidak terlepas dari dukungan segenap stakeholders dan juga para mitra bisnis strategis perusahaan,” ujar Putrama.

Pada 2022 , Putrama menuturkan berbagai strategi telah dipersiapkan untuk mendukung target penyaluran KUR Nasional, antara lain melakukan pengembangan sistem penjaminan untuk mendukung proses bisnis yang lebih efektif, optimalisasi SDM di seluruh unit kerja perusahaan, hingga peningkatan layanan perusahaan serta penguatan kolaborasi dengan mitra penyalur KUR. 

"Dengan berbagai inovasi dan kolaborasi yang kami lakukan dengan segenap mitra penyalur KUR, kami berharap dapat senantiasa memberikan pelayanan penjaminan dengan akses yang semakin mudah, sehingga pada akhirnya dapat mendukung target penyaluran KUR Nasional,” ujar Putrama. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ جِئْتُمُوْنَا فُرَادٰى كَمَا خَلَقْنٰكُمْ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّتَرَكْتُمْ مَّا خَوَّلْنٰكُمْ وَرَاۤءَ ظُهُوْرِكُمْۚ وَمَا نَرٰى مَعَكُمْ شُفَعَاۤءَكُمُ الَّذِيْنَ زَعَمْتُمْ اَنَّهُمْ فِيْكُمْ شُرَكٰۤؤُا ۗ لَقَدْ تَّقَطَّعَ بَيْنَكُمْ وَضَلَّ عَنْكُمْ مَّا كُنْتُمْ تَزْعُمُوْنَ ࣖ
Dan kamu benar-benar datang sendiri-sendiri kepada Kami sebagaimana Kami ciptakan kamu pada mulanya, dan apa yang telah Kami karuniakan kepadamu, kamu tinggalkan di belakangmu (di dunia). Kami tidak melihat pemberi syafaat (pertolongan) besertamu yang kamu anggap bahwa mereka itu sekutu-sekutu (bagi Allah). Sungguh, telah terputuslah (semua pertalian) antara kamu dan telah lenyap dari kamu apa yang dahulu kamu sangka (sebagai sekutu Allah).

(QS. Al-An'am ayat 94)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement