Senin 18 Jul 2022 02:34 WIB

Dinilai Berhasil Bertransformasi, BTN Raih Best Asia's Transformation Bank 2022

BTN bertransformasi dengan baik dan fokus pada perluasan berbasis ekosistem perumahan

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Direktur Utama Bank PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Haru Koesmahargyo. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan sebagai Best Asia’s Transformation Bank tahun 2022 saat ajang Euromoney Awards of Excellence 2022.
Foto: Dok BTN
Direktur Utama Bank PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Haru Koesmahargyo. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan sebagai Best Asia’s Transformation Bank tahun 2022 saat ajang Euromoney Awards of Excellence 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan sebagai Best Asia’s Transformation Bank tahun 2022 saat ajang Euromoney Awards of Excellence 2022.

Dalam ajang yang diselenggarakan Euromoney, majalah ekonomi ternama di Eropa, BTN dinilai telah menjalani transformasinya dengan baik dan fokus pada perluasan bisnis berbasis ekosistem perumahan.

Dengan KPR mencapai 89 persen dari portofolio kredit, BTN bertindak sebagai akselerator Program Sejuta Rumah yang diinisiasi pemerintah sejak 2015 sebagai solusi dari backlog perumahan nasional yang diperkirakan mencapai 11,4 juta rumah. 

Menurut Euromoney, BTN dinilai memiliki posisi yang tepat untuk menjadi mitra pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan, tetapi peran tersebut sempat terhambat Covid-19.

Pandemi mendisrupsi aktivitas ekonomi dan menurunkan daya beli masyarakat, mengurangi permintaan KPR dan kemampuan untuk membayar angsuran. Hal tersebut berdampak pada rasio kredit bermasalah dan ketatnya likuiditas serta naiknya biaya dana. 

Euromoney mengapresiasi Bank BTN yang telah mencanangkan program transformasi dengan visi menjadi Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada  2025. BTN menjalankan lima hal yaitu Repricing dana pihak ketiga dengan melakukan rekomposisi pendanaan yang lebih fokus ke dana murah, pengembangan produk tabungan baru.

Kemudian mengembangkan pinjaman untuk segmen milenial mengembangkan bisnis di sepanjang rantai pasok perumahan, membangun ekosistem Digital Mortgage dan membangun sentralisasi proses operasional serta memperkuat permodalan. Euromoney menggarisbawahi beberapa langkah transformasi yang dijalani BTN telah menunjukkan hasil, di antaranya produk Tabungan BTN Investa dan Tabungan BTN Bisnis yang baru diluncurkan dapat membantu mengurangi biaya dana mahal.

Selain itu, model operasional kantor cabang telah diubah untuk lebih berorientasi pada peningkatan jumlah simpanan dan fokus pada emerging affluent, dan terlihat pada peningkatan rekening giro dan tabungan, yang tumbuh sebesar 21,5 persen secara tahunan.

Euromoney menambahkan, kemitraan strategis terus dibangun BTN dengan berbagai lembaga atau perusahaan lain dalam rantai bisnis real estat dan untuk menjangkau segmen millenial.

Selain hal tersebut, proses digitalisasi berkembang pesat, dengan akuisisi seluler naik 55 persen yoy pada 2021, dan volume transaksi 73 persen yoy.

“Masih banyak yang harus dilakukan, namun upaya BTN yang dipimpin oleh Direktur Utama Haru Koesmahargyo patut diapresiasi tahun ini,” jelas Editor Euromoney dalam ulasan Best Asia’s Transformation Bank 2022.

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan apresiasi Euromoney merupakan salah satu pengakuan yang akan menjadi pemicu semangat BTN dalam menjalankan amanahnya sebagai mitra pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan.

Haru menilai penghargaan tersebut tidak akan diraih tanpa kerja keras seluruh pegawai BTN dan dukungan dari pemerintah serta para stakeholder lainnya.

“Apa yang kami jalankan dalam beberapa tahun terakhir masih on track dalam misi kami menjadi Best Mortgage Bank dan kami terus menerus melakukan inovasi, beradaptasi dengan dinamika bisnis perbankan maupun properti untuk memberikan layanan terbaik baik masyarakat,” kata Haru, Ahad (17/7/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement