Kamis 29 Jul 2021 06:28 WIB

Rapat Tahunan Digelar, Dividen Dibagikan ke Pemegang Saham

Hasil RUPST akan membagikan dividen setara dengan Rp 6 miliar ke para pemegang saham.

Red: Bilal Ramadhan
PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perdananya pada Rabu (28/7).
Foto: Istimewa
PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perdananya pada Rabu (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perdananya pada Rabu (28/7). Salah satu hasil dari RUPST adalah perseroan memutuskan untuk membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya sebesar Rp 4,8 per lembar saham atau setara dengan Rp 6 miliar.

Angka ini setara dengan 11,39 persen dari laba bersih 2020. Cum dividen di pasar regular dan negosiasi akan jatuh pada 5 Agustus 2021 dan di pasar tunai jatuh pada 10 Agustus 2021. Sementara itu pembayaran dividen akan jatuh pada 27 Agustus 2021.

Corporate secretary DGNS Fanfan Riksani mengatakan agenda RUPST juga mengesahkan laporan kinerja keuangan perseroan sepanjang 2020. Laba bersih Diagnos Laboratorium melesat 468 persen dibandingkan tahun 2019 ke level Rp 52 miliar.

Sepanjang 2020 perseroan juga telah melaksanakan tes sebanyak 546.313 kali naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 255.089 kali. “Sepanjang pandemi Covid-19, perseroan mampu meningkatkan pendapatan lewat kerja sama dengan banyak perusahaan dan fasilitas kesehatan.

"Pendapatan perseroan yang berasal dari pihak ketiga dari di bawah 1 persen pada 2019 menjadi 39 persen pada 2020,” kata Fanfan dalam rilisnya, Kamis (29/7).

DGNS juga terus mengepakkan sayapnya dengan membuka cabang baru dan outlet. Pada akhir tahun 2020 anak usaha PT Bundamedik tbk ini baru memiliki 13 outlet dan cabang. Namun hingga Juli 2021, perseroan sudah bertambah menjadi 24 outlet dan cabang. Bahkan hingga akhir Agustus 2021 perseroan menargetkan akan ada 32 cabang dan outlet yang siap beroperasi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِى الْاَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًاۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـًٔاۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ
Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh, akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh, Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu apa pun. Tetapi barangsiapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

(QS. An-Nur ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement