Senin 24 Aug 2020 16:45 WIB

Dukung Pertanian di Badung, Kementan Gelar Kegiatan RJIT

kegiatan RJIT dilakukan dengan memanfaatkan sumber air dari Bendung Ya Sunge.

Red: Fernan Rahadi
Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menggelar kegiatan padat karya Rahabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) di Subak Cangi Selatan, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.
Foto: Dokpri
Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menggelar kegiatan padat karya Rahabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) di Subak Cangi Selatan, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menggelar kegiatan padat karya Rahabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) di Subak Cangi Selatan, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan indeks pertanaman.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier  memliki peranan yang cukup penting. Khususnya untuk memastikan ketersediaan air di lahan pertanian.

“Yang akan merasakan dampak kegiatan RJIT adalah proses usaha tani. Karena, RJIT bisa berpengaruh terhadap peningkatan luas areal tanam. Lewat RJIT, bisa dilakukan pengelolaan air  dari hulu sampai ke hilir,” tutur Mentan SYL, Senin (24/8).

Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy. menurutnya, kegiatan RJIT adalah melakukan perbaikan atau penyempurnaan serta peningkatan fungsi jaringan irigasi. 

“Dalam kegiatan RJIT, Kita mengembalikan bahkan memaksimalkan serta meningkatkan fungsi jaringan irigasi. Harapannya, layanan irigasi yang kita benahi mampu menambah luas areal tanam dan/atau dapat meningkatkan indeks pertanaman (IP),” tuturnya.

Di Subak Cangi Selatan, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, kegiatan RJIT dilakukan dengan memanfaatkan sumber air dari Bendung Ya Sunge. Diharapkan, kegiatan ini bisa mengairi lahan seluas 81 hektare.

“RJIT yang kita bangun di Subak Cangi Selatan secara fisik sudah selesai 100 persen. Konstruksinya dengan beton cyclop. RJIT yang dibangun memiliki Lebar 0,4 meter, Tinggi 0,4 meter, dan Panjang 220 meter,” katanya.

Dengan RJIT, Sarwo Edhy berharap indeks pertanaman (IP) meningkat. IP yang awalnya 2 kali, dihaapkan bisa meningkat menjadi 3 Kali tanam. Begitu juga dengan produktivitas yang awalnya 8 ton/hektare, diharapkan dapat meningkatkan menjadi 9 ton/hektare.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ اَنَّكَ تَقُوْمُ اَدْنٰى مِنْ ثُلُثَيِ الَّيْلِ وَنِصْفَهٗ وَثُلُثَهٗ وَطَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الَّذِيْنَ مَعَكَۗ وَاللّٰهُ يُقَدِّرُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَۗ عَلِمَ اَنْ لَّنْ تُحْصُوْهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ فَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْاٰنِۗ عَلِمَ اَنْ سَيَكُوْنُ مِنْكُمْ مَّرْضٰىۙ وَاٰخَرُوْنَ يَضْرِبُوْنَ فِى الْاَرْضِ يَبْتَغُوْنَ مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ ۙوَاٰخَرُوْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۖفَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُۙ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاَقْرِضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًاۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۙهُوَ خَيْرًا وَّاَعْظَمَ اَجْرًاۗ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (salat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Muzzammil ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement