Rabu 02 Dec 2015 15:47 WIB

Cegah Hitam, Ini Cara Efektif Oleskan Sunblock

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
Tabir surya berbentuk krim akan lebih merata dan menempel lama di kulit, sehingga lebih efektif melindungi dari matahari.
Foto: togashistudio
Tabir surya berbentuk krim akan lebih merata dan menempel lama di kulit, sehingga lebih efektif melindungi dari matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, Pakar kesehatan kulit dari Rumah Sakit Bethsaida Serpong, Dr Inneke Halim, SpKK menuturkan, kulit manusia akan mengalami penuaan (aging) seiring bertambahnya usia. Setelah seseorang menginjak umur 30 tahun, kerutan-kerutan halus biasanya mulai tampak di wajah.

Sementara, antara usia 35 hingga 40 tahun, beberapa tanda penuaan lainnya akan bermunculan dalam bentuk yang lebih jelas. Di antaranya adalah kulit mulai menjadi kering, kusam, menipis, keriput, kendur, dan terasa lebih kasar. “Selain itu, kemunculan flek hitam pada kulit juga menjadi salah satu ciri penuaan,” tutur Inneke, saat ditemui pada akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan, proses penuaan pada seseorang bisa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik disebabkan oleh kondisi yang bersifat genetis (karena keturunan). Sementara, faktor ekstrinsik disebabkan oleh berbagai keadaan yang berasal dari luar diri manusia, seperti kebiasaan merokok, stres, paparan sinar matahari, polusi, dan asupan gizi yang buruk.

Menurut Inneke, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar kulit tetap awet muda dan sehat. Pertama, memperlambat tanda penuaan dini dengan menggunakan beberapa produk perawatan kulit, seperti tabir surya, pelembap, dan pembersih wajah yang lembut.

“Untuk sunblock, gunakan produk yang memiliki kandungan SPF (sun protection factor) 30 atau lebih,” ujarnya.

(baca: Kaya Vitamin Jadi Alasan Kulit Pisang Baik Dimakan)

Sekarang ini, kata Inneke, ada beragam produk sunblock yang beredar di pasaran. Mulai dari berbentuk krim, gel, losion, hingga berupa cairan yang disemprotkan (spray). Bagi mereka yang banyak beraktivitas di lapangan, disarankan memilih sunblock dengan kandungan SPF 50.

Inneke berpendapat, cara pemakaian sunblock yang benar adalah dengan mengoleskannya cukup tebal ke permukaan kulit dan dilakukan secara berulang dalam rentang waktu tertentu. Bagi mereka yang bekerja di dalam ruangan, dianjurkan mengulang setiap tiga atau empat jam. Sementara, buat mereka yang seharian berada di luar ruangan, sebaiknya mengulang pemakaian setiap dua jam.

“Kalau pakai sunblock hanya di pagi hari dan tipis-tipis pula, hasilnya tidak akan efektif,” imbuh Inneke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement