Selasa 21 Jan 2020 01:12 WIB

4 Solusi Alami Atasi Bekas Luka di Wajah

Lidah buaya bisa membantu menyembuhkan kulit serta memudarkan bekas luka di wajah.

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Lidah buaya
Foto: dok Republika
Lidah buaya

CEKNRICEK.COM -- Noda bekas luka di kulit wajah sering sulit dihilangkan sehingga terlihat buruk dan kurang menarik. Penggunaan produk untuk mengatasi masalah tersebut kerap tak membawa hasil yang menggembirakan. Bahkan tak jarang menyisakan efek buruk karena tidak sesuai dengan tipe kulit, atau penerapan dosis yang salah. 

Tapi, jangan khawatir. Anda bisa mencoba 4 solusi alami berikut ini, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Aloe vera

Aloe Vera atau yang lebih dikenal dengan nama lidah buaya merupakan salah satu bahan alami dan sumber vitamin yang bisa membantu menyembuhkan kulit serta memudarkan bekas luka di wajah. Terasa segar dan lembut ketika diaplikasikan, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai kerusakan pada kulit. 

Lidah buaya adalah pelembab alami. Jika diaplikasikan pada kulit dan menggunakan sesering mungkin, segera anda akan merasakan hasil yang sangat positif, terutama untuk melembutkan dan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat. 

Baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan yang sangat mudah kita temui di rumah dengan beragam kegunaan dan manfaat. Baking soda juga memiliki kemampuan dalam menyembuhkan bekas luka. Ia terdiri dari kristal natrium bikarbonat yang lembut dan bisa digunakan dalam pengelupasan kulit apabila dimanfaatkan sebagai scrub. 

Pertama, Anda perlu mempersiapkan beberapa sendok teh baking soda lalu campurkan dengan air secukupnya. Aduk sampai mengental hingga tampak seperti pasta. Setelah itu, gunakan untuk memijat kulit dimana bekas luka berada. Setelah diterapkan dan dipijat selama beberapa saat, Anda bisa meninggalkannya selama beberapa menit sebelum dibilas.

Hal itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pada baking soda bekerja dengan maksimal. Setelah itu, basuh wajah dengan menggunakan air hangat dan terapkan pelembab alami seperti minyak kelapa murni atau minyak zaitun.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Hilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Minyak kelapa 

Minyak kelapa adalah bagian dari daftar bahan alami yang memiliki sifat penyembuh luka. Cobalah mengambil sekitar seperempat sendok teh minyak kelapa murni ke telapak tangan lalu gunakan ujung jari Anda untuk memijat langsung bekas luka. 

Anda tidak perlu mencuci bekasnya karena minyak kelapa mengandung vitamin, asam lemak esensial, dan akan terus bekerja meningkatkan kesehatan kulit selama pemakaian.

Mentimun

Mentimun atau ketimun adalah bahan populer dalam perawatan wajah untuk kecantikan. Kandungan yang dimiliki oleh mentimun antara lain vitamin A, vitamin C dan juga magnesium. Semuanya sangat bermanfaat dan bagus untuk kulit. 

Caranya, Anda bisa memotong atau mengiris mentimun, kemudian oleskan di atas bekas luka pada wajah Anda. Setelah itu, diamkan selama 30 menit. Selanjutnya buang irisan mentimun dari wajah lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement