Rabu 14 Jul 2010 04:49 WIB

Awas, Minuman Ringan tak Sehat dan Membuat Ketagihan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Endro Yuwanto
Minuman ringan bisa membuat ketagihan dan menganggu kesehatan/ilustrasi
Foto: corbis
Minuman ringan bisa membuat ketagihan dan menganggu kesehatan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Kendati tidak mengandung alkohol, minuman ringan berpotensi membuat seseorang ketagihan. Walhasil, potensi seseorang terkena obesitas kian besar. Apalagi minuman ringan sejak awal diketahui mengandung gula tinggi.

Anggota British Dietetic Association, Sian Porter, mengungkap, seseorang yang mengkonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi secara otomatis membuat tubuh memiliki cadangan kalori yang tinggi. Celakanya, sukrosa dan glukosa, senyawa gula, cepat diserap tubuh. Akibatnya, tubuh seolah membutuhkan dua zat tadi.

"Gula dalam bentuk sukrosa dan glukosa cepat diserap tubuh. Energi yang terbentuk segera diserap tubuh, yang pada akhirnya masyarakat berpikir tubuh mereka butuh tambahan dua zat tadi,'' ujar Porter seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (13/7).

Sebelumnya, peneliti mengujicobakan pada tikus dengan memberikan sukrosa dan glukosa dalam kadar tinggi. Hasilnya, peneliti mendapati tikus seperti mengalami kecanduan layaknya diberikan kokain, morfin, dan nikotin.