Jumat 17 Dec 2010 02:21 WIB

Inilah Makanan yang Diklaim Sehat Tapi Menyabotase Diet Anda

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Minuman Bernergi
Minuman Bernergi

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah anda sedang merusak diet dengan jenis makanan yang anda kira baik padahal sebenarnya tidak sehat? Smoothie buah, granola, kue mufin adalah beberapa jenis makanan yang terdengar menyehatakan. Kalori rendah dan ramah bagi pediet, namun sebenarnya sangat berlawanan.

Jangan terkecoh dengan produsen yang kerap menyembunyikan kalori tinggi dan menampilkan wajah serta klaim "ditambah dengan vitamin" atau "semua bahan alami" "organik". Salah pemahaman tentang nutrisi itu yang akhirnya mendorong kita membuat pilihan tidak bijak. Berikut ada  makanan yang selama ini menyandang reputasi sehat padahal mereka tidak layak.

Mufin Oat, Jagung dan Blueberry

Mereka terdengar seperti tanpa dosa. Namun, mufin di toko-toko kopi kerap dibuat dengan tepung putih yang dirafinasi. Itu berarti kategori junk food. Bahkan mufin oat akan mengandung lebih banyak tepung putih ketimbang oat yang kaya serat. Belum termasuk minyak, mentega dan tentu banyak gula. Porsinya pun besar, itu berarti kue mufin bisa mengantarkan 500 lebih kalori ke tubuh anda tanpa perlawanan!