Kamis 26 Apr 2012 03:00 WIB

Babak Baru Pil KB Pria

Red: Hazliansyah
Keluarga Berencana. Ilustrasi
Foto: .
Keluarga Berencana. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mengatakan alat kontrasepsi jenis pil bagi pria yang terbuat dari tanaman gandarusa telah memasuki babak baru.

"Pil KB pria atau gandarusa telah memasuki penelitian tahap tiga," kata Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN, Kasmiyati didampingi Kepala Biro Humas BKKBN, Sugilar di Jakarta, Rabu.

Kasmiati menjelaskan, pada saat ini Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tengah meneliti tanaman gandarusa untuk dijadikan alat kontrasepsi jenis pil bagi pria.

"Tumbuhan asal Papua itu diyakini mampu menahan kehamilan karena selama ini telah digunakan oleh masyarakat secara turun temurun," katanya.

Dia juga mengatakan, tanaman yang akan dibuat ekstrak dan sejenis pil tersebut telah memasuki penelitian tahap tiga. Penelitian tersebut untuk mengetahui apakah pil KB pria tersebut aman dikonsumsi oleh masyarakat.

"Jika penelitian sudah sampai tahap final telah ada beberapa perusahaan yang siap memproduksi dalam jumlah besar dan BKKBN sendiri akan berperan mempromosikan kepada masyarakat jika produk tersebut sudah terealisasi," katanya.

Metode penggunaan pil tersebut menurut dia sama dengan pil KB perempuan, yakni diminum secara reguler.

Dia juga mengatakan, sejauh ini penggunaan alat kontrasepsi pria di Indonesia masih sangat rendah karena berdasarkan catatan BKKBN, persentase penggunaan alat kontrasepsi pria baru sekitar 3,5 persen, sebagian di antaranya berupa vasektomi.

Sementara metode vasektomi sering dipersoalkan karena dinilai bertentangan dengan agama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ سَرِّحُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍۗ وَلَا تُمْسِكُوْهُنَّ ضِرَارًا لِّتَعْتَدُوْا ۚ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَهٗ ۗ وَلَا تَتَّخِذُوْٓا اٰيٰتِ اللّٰهِ هُزُوًا وَّاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَمَآ اَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِّنَ الْكِتٰبِ وَالْحِكْمَةِ يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗوَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai (akhir) idahnya, maka tahanlah mereka dengan cara yang baik, atau ceraikanlah mereka dengan cara yang baik (pula). Dan janganlah kamu tahan mereka dengan maksud jahat untuk menzalimi mereka. Barangsiapa melakukan demikian, maka dia telah menzalimi dirinya sendiri. Dan janganlah kamu jadikan ayat-ayat Allah sebagai bahan ejekan. Ingatlah nikmat Allah kepada kamu, dan apa yang telah diturunkan Allah kepada kamu yaitu Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), untuk memberi pengajaran kepadamu. Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah ayat 231)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement