Selasa 31 Jul 2012 11:30 WIB

Wah, Rajin Santap Kari Konon Bisa Cegah Diabetes

Red: Endah Hapsari
Kunyit
Kunyit

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK---Bahan yang terkandung di dalam zat yang terdapat pada bumbu kari mungkin membantu mencegah diabetes pada orang yang memiliki risiko tinggi, demikian hasil satu studi di Thailand.

Para peneliti, yang hasil kajian mereka disiarkan di jurnal Diabetes Care, mendapati selama lebih dari sembilan bulan, dosis harian Curcumin tampaknya mencegah kasus baru diabetes di kalangan orang yang memiliki apa yang disebut gejala pra-diabetes --kadar gula darah yang sangat tinggi yang mungkin berkembang jadi diabetes tipe 2 penuh.

Curcumin adalah zat yang terdapat di dalam kunyit. Penelitian laboratorium terdahulu telah menunjukkan zat itu dapat memerangi inflamasi dan apa yang disebut kerusakan oxidatatif pada sel-sel tubuh. Kedua proses itu diduga menjadi penyebab sejumlah kasus penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

"Karena keamanan dan manfaat ini, kami mengusulkan ekstrak Curcumin bisa digunakan bagi terapi campur-tangan bagi orang yang berada pada tahap pra-diabetes," tulis pemimpin studi tersebut Somlak Chuengsamarn dari Srinakharinwirot University di Nakomnayok, Thailand.