Selasa 20 Nov 2012 13:58 WIB

Anda Kena PHK dan Menganggur? Hati-hati Terserang Penyakit Ini

Red: Endah Hapsari
Jantung (ilustrasi).
Foto: www.kaheel7.com
Jantung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON---Menganggur dan berulangkali kehilangan pekerjaan berkaitan dengan peningkatan risiko "acute myocardial infarction" (AMI/serangan jantung), demikian satu laporan yang disiarkan di Archives of Internal Medicine, edisi daring.

Banyak orang dewasa di Amerika Serikat terserang rangkaian ketidakstabilan pekerjaan, tapi tak banyak diketahui mengenai dampak kumulatif dari banyak kehilangan pekerjaan dan menganggur pada risiko AMI, kata latar-belakang studi tersebut.

Matthew Dupre dan rekannya dari Duke University meneliti hubungan antara dimensi berbeda mengenai menganggur dan risiko AMI pada 13.451 orang dewasa AS yang berusia dari 51 sampai 75 tahum dalam Health and Retirement Study dengan wawancara lanjutan dua tahunan dari 1992 sampai 2010, demikian laporan Xinhua.

"Hasilnya memperlihatkan beberapa pola dari kondisi menganggur pada masa lalu dan sekarang bagi kondisi serangan jantung. Meskipun resiko bagi AMI paling mencolok pada tahun pertama setelah orang kehilangan pekerjaan, status pengangguran, jumlah kumulatif kehilangan pekerjaan dan waktu kumulatif menganggur, masing-masing, berkaitan dengan peningkatan resiko AMI," tulis para peneliti tersebut.