Selasa 30 Apr 2013 17:39 WIB

Yuk, Berolahraga yang Benar!

Rep: Agung Sasongko/ Red: Citra Listya Rini
olahraga agar tubuh bugar
Foto: the88sj.com
olahraga agar tubuh bugar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan rutinitas yang kian padat tentu membutuhkan kebugaran tubuh yang prima. Kunci utama dalam membuat tubuh tetap bugar adalah rutin berolahraga.

Spesialis kedokteran olahraga, Grace Tumbelaka mengatakan aktivitas fisik itu mutlak diperlukan. Ini karena sifat dasar manusia yang harus selalu bergerak. "Jangan berhenti bergerak, karena ini akan memicu beragam penyakit," kata dia.

Menurut Grace, perlu dipahami melakukan olah raga itu tidak bisa sembarang. Ini karena menyangkut hasil dari olah raga tersebut. "Frequency, Intensity, Time and Type merupakan rumus bagaimana individu berolahraga yang benar," ujarnya.

Sebagai gambaran, untuk frekuensi usahakan 3-5 kali setiap pekan. Lalu intensitasnya 60-80 persen denyut nadi maksimal. Untuk waktu, idealnya 30-60 menit tanpa berhenti. Soal tipe ola raga, masyarakat tinggal memilih apakah jogging, renang atau senam.

Grace mengatakan ketika FITT sudah dipenuhi maka daya tahan jantung, kekuatan otot dan kelenturan sendi akan lebih baik. Selain itu, olahraga yang benar akan membuat tinggi badan dan berat badan lebih proporsional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement