Sabtu 16 Nov 2013 08:32 WIB

Ini Efek Samping Suplemen Khusus Pria

Red: Endah Hapsari
Suplemen pria/ilustrasi
Suplemen pria/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mengatasi masalah penurunan stamina, banyak pria yang mencari jalan pintas dengan mengonsumsi obat-obat tertentu agar stamina dan gairahnya makin meningkat. Jenis obat-obat ini banyak dijual di pinggir jalan yang belum tentu terdaftar di Badan POM, dan belum diketahui dampaknya apakah menyebabkan jantung berdebar- debar, dan sesak, atau tidak.

Karena adanya efek samping yang disebabkan oleh konsumsi obatobatan tersebut, banyak produsen suplemen yang kini menawarkan produk kesehatan penambah stamina pria dari berbagai ramuan herbal. Suplemen-suplemen tersebut biasanya ditawarkan sebagai suplemen yang menggunakan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk memulihkan stamina pria. 

Bahan-bahan itu biasanya berupa ekstrak ginseng, ekstrak Damiana aphrodisiaca, dan ekstrak yohimbe. Produk suplemen tersebut biasanya juga mencantumkan dalam kemasannya bahwa mereka telah lulus uji klinis. Adakah efek samping? Menurut Brand Manager Tripoten PT Dexa Medica, Sandy Setiawan, hampir semua suplemen makanan penambah stamina pria memiliki efek samping, seperti gangguan tidur (insomnia), mual, dan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement