Selasa 22 Apr 2014 22:43 WIB

Dicari, Ayah Pendukung ASI..

Rep: Indah Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Air Susu Ibu (ASI)
Air Susu Ibu (ASI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air Susu Ibu (ASI) terkadang mengalami hambatan kala proses menyusui. Dukungan dari suami sebagai pasangan terbukti bisa memperlancar keluarnya ASI.

Studi dari Internal Lactation Consultant Association (ILCA) medio bulan Juni 2013 menunjukkan bahwa dukungan para ayah mampu meningkatkan kemampuan ibu saat menyusui anak sebesar 30 persen. Penelitian ini juga mengemukakan bahwa ayah yang berpengetahuan lebih mendalam akan pentingnya menyusui bagi si kecil lebih membantu prosesnya.

"Salah satu cara efektif biar ASI lancar adalah nonton film-film mengharukan. Itu bisa efektif banget, karena memicu hormon oksitosin dalam otak jadi seperti membuka keran ASI-nya," kata Ketua Ayah ASI Indonesia Shafiq Pontoh.

Selain mengajak nonton film bareng, Shafiq memberikan dukungan kepada istrinya dalam menyusui berupa kesenangan secara psikologis. Misalnya, Shafiq membuat istrinya nyaman dan memberikan kejutan-kejutan kecil. Lantaran ia menyadari, bila kondisi istri tengah bahagia, ASI akan keluar dengan lancar. 

Trik lainnya dengan memijat istri agar lebih rileks. Jika mampu, suami membelikan berbagai keperluan istri di luar kebutuhan sehari-hari. Intinya, jelas Shafiq, sebenarnya seorang istri juga harus yakin bila ASI yang ingin diberikan akan keluar.

"Kalau yakin ASI nggak keluar, maka nggak akan keluar, itu karena support tidak ada. Para ibu menyusui harus percaya diri dan semangat saat menjalaninya demi kebaikan tumbuh kembang si kecil dan kesehatannya," ujar Shafiq.

Pun, ia menganjurkan agar para suami bergabung dengan kelompok sesama pendukung gerakan menyusui untuk berbagi pengalaman. Supaya para suami memahami cara-cara mendukung ibu serta dapat memfasilitasinya untuk menyusui. Kerja sama ayah dan ibu pada fase ini akan menentukan masa depan si kecil kelak.  

“Dalam membantu ayah dan bunda selama masa menyusui sampai hingga dua tahun, Philips AVENT pun berupaya mendukung melalui produk-produk inovatif pendukung ASI eksklusif,” kata Marketing Manager H&W Marketing Consumer Lifestyle Ratna Kurniawati. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement