Kamis 04 Sep 2014 17:30 WIB

Redam Stress Lewat Permainan di Gadget

Rep: MG ROL 25/ Red: Indira Rezkisari
Peneliti menemukan fakta bahwa permainan tertentu yang diunduh di gadget bisa menekan perilaku gugup.
Foto: Reuters
Peneliti menemukan fakta bahwa permainan tertentu yang diunduh di gadget bisa menekan perilaku gugup.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Kata siapa bermain dengan telepon cerdas genggam hanya menambah kepusingan? Buktinya, berdasarkan jurnal yang dikeluarkan Clinical Psychological Science, pemakaian aplikasi berbasis ilmu pengetahuan selama 25 menit di gadget bisa meredakan kecemasan pada orang yang tengah stress.

Aplikasi tersebut mencoba menyelipkan intervensi ilmiah dalam sebuah permainan. Permainan  ini menawarkan kesehatan mental dan perilaku terukur pada orang-orang yang tingkat kecemasannya tinggi.

Dituturkan Dr Tracy Dennis, psikolog klinis, ide awal dari gaya baru pengobatan mental ini adalah keinginan para peneliti untuk memberikan pengobatan dengan cara yang terjangkau, menarik, dan dapat diakses siapa saja.

“Jutaan orang gagal sembuh dari stress karena layanan kesehatan mental saat ini memberatkan, mahal, dan sulit diakses,” ungkap Dr Tracy, seperti dilansir Medical News Today, Rabu (3/9).

Para peneliti menguji 78 orang yang tengah mengalami stress. Mereka diminta bermain gim selama 24-45 menit. Kemudian, mereka memberikan sambutan singkat mengenai penyakit mereka yang tengah diderita.

Hasilnya, mereka menemukan fakta bahwa permainan bisa menekan perilaku gugup dan perasaan negatif. Penelitian ini pun berhasil mendapat hasil yang positif pada sejumlah wanita hamil yang mengalami tekanan jiwa.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement