Rabu 24 Sep 2014 16:29 WIB

Kandungan Antikanker Semangka Ternyata Tinggi Lho (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Semangka
Foto: M Agung Rajasa/Antara
Semangka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semangka adalah buah musim panas paling populer dan lezat yang hampir semua orang suka. Semangka rendah kalorinya, hanya 46 kalori per cangkir dan tinggi kandungan vitamin A dan C, masing-masingnya 17 dan 20 persen untuk sehari. Semangka juga kaya serat dan kalium.

Selain itu, semangka ternyata sangat menarik. Berikut beberapa fakta menarik seputar semangka, seperti dilansir dari Womanitely, Rabu (24/9).

1. Semangka meningkatkan kekuatan otak

Semangka merupakan sumber vitamin B6 yang penting untuk fungsi otak normal. Selain itu, persentase air dalam buah lezat ini mirip dengan persentase air di otak.

2. Semangka mengandung air tinggi

Semangka terdiri dari 91,5 persen air yang berarti buah ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Makan semangka atau minum jus semangka setiap hari adalah salah satu cara paling lezat untuk tetap terhidrasi, khususnya selama musim panas.

3. Semangka berisi 40 persen lycopene

Secangkir jus semangka mengandung 1,5 kali lycopene lebih banyak dibandingkan yang dihasilkan tomat segar. Lycopene adalah antioksidan kuat yang membantu mencegah radikal bebas dari menyebabkan kerusakan sel dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, antioksidan kuat ini telah terbukti menurunkan risiko kanker dalam tubuh.

4. Semangka kuning

Semangka juga memiliki varietas berbeda, bukan hanya merah. Ada semangka kuning atau yellow crimson. Meski kuning, semangka ini tetap manis dan Anda pasti menyukainya. Tapi, mungkin sedikit sulit untuk membeli semangka kuning.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement