Selasa 11 Nov 2014 13:44 WIB

Asupan yang Perlu Dihindari Saat Sakit Gondok (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Susu
Foto: dailyslave.com
Susu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiroid adalah kelenjar yang berfungsi memproduksi hormon tiroid. Hormon ini sangat penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika kadar hormon ini tidak berada di kisaran normal, berbagai tanda dan gejala penyakit dapat terjadi.

Kelenjar tiroid menggunakan yodium untuk menghasilkan hormon tiroid. Jika produksinya berlebihan, maka Anda akan mengalami hipertiroid yang disebut juga penyakit gondok. 

Jika demikian, maka Anda perlu menghindari 10 makanan berikut, dilansir dari My Health Tips, Selasa (11/11).

1. Makanan kaya yodium

Yodium itu meningkatkan aktivitas kelenjar tiroid, sehingga Anda perlu menghindari makanan yang mengandung yodium, seperti rumput laut, dan makanan laut lainnya. Anda juga harus menghindari garam beryodium karena garam ini mengandung kelebihan yodium di dlamnya.

2. Kafein

Anda perlu menghindari stimulan seperti kopi, gula, atau makanan berkafein yang akan mengintensifkan gejala hipertiroid. Ganti minuman berkafein Anda dengan air putih atau jus buah yang sehat.

3. Susu

Konsumsi susu tidak baik bagi penderita penyakit gondok. Jadi, cobalah untuk menghindari susu. Jika tetap ingin minum susu, maka minumlah susu skim yang sehat dan mudah dicerna.

4. Tepung

Tepung mengandung nutrisi lebih sedikit dibandingkan biji-bijian dan sulit untuk dicerna. Ini adalah makanan glikeik tinggi dan dapat mengganggu gula dan tingkat hormon dalam darah. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah bisa mengembalikan kadar hormon yang sehat dalam tubuh, termasuk hormon tiroid.

Gantilah pasta, roti, makanan ringan, dan sereal Anda dengan 100 persen biji-bijian, seperti beras merah, barley, quinoa, popcorn, dan juga roti gandum. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement