Selasa 25 Nov 2014 15:17 WIB

Cara Terbaik Memastikan Wadah Plastik Aman

Masyarakat diminta berhati-hati menggunakan kantong kresek. Khususnya, kresek hitam hasil daur ulang yang digunakan sebagai pembungkus makanan.
Foto: Mansyur Faqih/Republika
Masyarakat diminta berhati-hati menggunakan kantong kresek. Khususnya, kresek hitam hasil daur ulang yang digunakan sebagai pembungkus makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, Lalu apa cara terbaik memastikan wadah plastik aman bagi makanan? Wadah plastik yang aman disertai dengan logo atau tulisan food safe atau food grade di bagian belakang.

Tanda lainnya adalah logo gelas dan garpu. Itu artinya wadah plastik dirancang khusus untuk tempat makanan.

Jika Anda melihat tanda segitiga dengan angka (mulai dari satu sampai tujuh) di dalam segitiga itu di bagian bawah atau belakang wadah, jangan segera menyimpulkan kalau angka itu merupakan tanda ketahanan plastik. Misalnya angka satu diartikan sekali pakai atau tujuh diartikan boleh dipakai berulang kali.

Wawas Swathatafrijjah dari Sentra Teknologi Polimer BPPT, mengatakan angka itu dibuat untuk memudahkan tempat daur ulang memilah sampah plastik sesuai materinya. ''Bukan menentukan berapa kali bisa digunakan,'' ujar Wawas.

Tips lainnya, baui wadah plastik Anda. Proses pembuatan plastik yang aman seharusnya tidak meninggalkan ruang di pori-pori yang sanggup menyerap deterjen atau aroma makanan.

Bau harum atau tidak enak pada plastik menandakan adanya zat adiktif. Aroma sabun yang tertinggal menandakan wadah yang tidak aman. Wadah makanan harus dibuat dari plastik rapat dan bukan plastik daur ulang alias plastik 'virgin'.

Plastik yang telah berubah warna menandakan pula saatnya mengganti. Meski umurnya panjang bukan berarti wadah plastik tidak bisa kehilangan ketahanannya.

Pencantuman logo atau tanda juga mudah ditiru. Gunakan logika kala membeli. Plastik yang terlalu ringkih dan murah bisa jadi bukan pilihan terbaik. Jangan sampai rajin membawa bekal justru menjadi pangkal ketidaksehatan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement