Jumat 05 Dec 2014 01:15 WIB

Cegah Obesitas dengan Makanan Ini

Rep: Satya Festiani/ Red: Mansyur Faqih
Wortel (Ilustrasi)
Wortel (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tiga penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukan, memakan sayuran hijau dan akar dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan obesitas. Sayur seperti bayam, bit, wortel dan daun selada memiliki kandingan nitrat yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan.

Nitrat membantu mengencerkan darah sehingga oksigen dapat menyebar ke seluruh tubuh secara efisien. Darah yang lebih encer juga mengurangi risiko struk dan serangan jantung.

Hal tersebut terjadi karena hasil produksi nitrat dapat melebarkan dan membuka aliran darah serta membantu mengubah sel lemak putih jahat menjadi sel coklat baik yang membakar lemak. 

"Perubahan pada pola makan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan obesitas, serta memperbaiki kesehatan," ujar Peneliti dari Universitas Cambridge, Andrew Murray, yang ikut dalam tiga penelitian tersebut, seperti yang dikutip dari Express.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam tiga jurnal yakni, the Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology, the Journal of Physiology, dan the journal Diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement