Kamis 26 Mar 2015 12:47 WIB

Peneliti Temukan Cara Masak Nasi agar Rendah Kalori

Red: Dwi Murdaningsih
Nasi Goreng
Foto: wordpress
Nasi Goreng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi merupakan salah satu makanan andalan orang-orang di seluruh dunia. Namun, banyak orang kini mulai menghindari nasi. Pasalnya, dalam satu kaleng nasi, mengandung sekitar 240 kalori yang dengan mudahnya berubah menjadi lemah jika tidak segera dilakukan proses metabolisme tubuh.

Namun, anda tidak perlu khawatir mengonsumsi nasi. Peneliti di Sri Lanka menemukan cara sederhana yang bisa membuat kalori yang dihasilkan dari satu kaleng nasi berkurang hingga separuhnya. Bukan hanya itu, cara ini diklaim juga bisa membawa manfaat kesehatan lainnya. Jadi, anda tetap bisa menikmati kelezatan nasi tana perlu merisaukan kalorinya.

Dikutip dari laman Sciencealert, anda harus mendidihkan air sebelum memasak beras. Setelah itu, tambahkan minyak kelapa sekitar 3 persen dari berat beras yang akan dimasak. Kurang lebih sekitar satu sendok teh untuk setengah kaleng beras. 

Sudhair James, seorang mahasswa Kimia dari Sekolah Tinggi Ilmu KImia di Srilanka melakukan penelitian ini bersama pembimbingnya. Hasil penelitian ini sudah dipresentasikan pada pertemuan nasional dan pameran di American Chemical Society, Senin (23/3) lalu.