Senin 06 Apr 2015 10:19 WIB

Bersepeda itu Menyenangkan

Red: Indira Rezkisari
Bersepeda bisa membakar kalori 400 hingga 700 kalori per jam.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bersepeda bisa membakar kalori 400 hingga 700 kalori per jam.

REPUBLIKA.CO.ID, Bersepeda merupakan jenis olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sekaligus menyenangkan. Jantung Anda akan terlatih dengan baik sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Bersepeda dapat membakar 400-700 kalori per jam.

 

Berikut ini tips bersepeda dari spesialis olahraga Dr. Nora Sutarina, SpKO, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

1.     Sesuaikan tinggi sadel dengan panjang kaki. Lutut hanya boleh tertekuk sedikit saat telapak kaki menginjak pedal dengan posisi kaki lurus. Jika tertekuk terlalu dalam, lutut berisiko cedera.

2.     Untuk mengindari sakit pantat, pilih sadel yang sesuai. Sadel yang sempit mungkin tidak nyaman bagi wanita yang memiliki tulang pantat lebih besar dibandingkan pria.

3.     Setang harus diposisikan sekitar 5 cm lebih rendah dari sadel.

4.     Jangan lupa helm. Riset membuktikan bahwa penggunaan helm mengurangi risiko cedera kepala hingga 60 persen. Pilih helm berwarna terang dan nyaman di kepala.

5.     Bawa minum saat bersepeda untuk mencegah dehidrasi.

6.     Jangan mendengarkan musik karena Anda harus selalu waspada terhadap sekeliling.

7.     Ubah posisi tubuh dan tangan secara berkala. Variasikan posisi punggung, leher, dan lengan guna mengurangi eksploitasi otot tertentu, ketegangan, serta rasa sakit pada otot.

8.     Pilih celana yang tepat untuk bersepeda jarak jauh, misalnya celana pendek berbahan licin sehingga tidak ada lipatan kain yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

9.     Jika bersepeda di jalan raya, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan hindari jalur cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement