Rabu 22 Apr 2015 06:18 WIB

Takut Dengan Selai Kacang, Mungkin Anda Fobia Ini

Rep: C27/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Selai Kacang (ilustrasi)
Foto: technorati.com
Selai Kacang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketakutan sebenarnya hal yang wajar jika terjadi pada manusia. Ketakutan juga bisa terjadi bermacam-macam jenisnya.

Namun, menjadi hal yang tidak wajar bila seseorang mengalami ketakutan sesuatu dengan berlebihan. Beberapa masyarakat modern masih ada yang ketakutan dengan hal sedikit tidak masuk akal. Contohnya adalah takut dengan selai kacang.

Mereka merasa tidak nyaman bahkan mengalami stres berlebihan saat menghadapi situasi yang mepertemukan dengan fobia. Di lansir dari Listverse, Rabu (22/4), ini daftar beberapa fobia yang aneh terjadi di zaman sekarang.

Demonophobia merupakan ketakutan akan makhluk gaib yang jahat. Mereka dipengaruhi bahwa makhluk itu berkeliaran di mana-mana untuk menyebarkan kerusakan. Fobia ini menyebabkan orang yang menderitanya terus merasa cemas saat membahas masalah setan, tempat-tempat menyeramkan, menonton film horor, dan dunia gaib lainnya.

Selanjutnya, pentheraphobia mungkin menjadi fobia yang paling umum dan agak sedikit lumrah terjadi pada masyarakat modern. Fobia ini merupakan ketakutan kepada ibu mertua.

Mereka merasa takut berkomunikasi dan melakukan interaksi dengan mertua meski sudah menjadi bagian dari keluarga. Fobia yang hampir terkait dengan pentheraphobia adalah novercaphobia yang takut ibu tiri. Penderita yang paling terkenal dari fobia ini adalah Cinderella.

Kemudian, arachibutyrophobia dimana pengidapnya fobia terhadap selai kacang. Keakutan ini bisa terjadi mungkin karena trauma di masa lalu yang menyebabkan seseorang menderita fobia. Seperti saat masa kecil orang tersebut dipaksa untuk makan selai kacang setiap hari, bisa jadi ketika dewasa dia akan mengalami fobia ini.

Terakhir yang akan dibahas adalah takut ketika duduk atau Cathisophobia. Penyebabnya bisa jadi karena memiliki trauma di masa lalu karena kekerasan fisik yang diterima saat duduk.

Seperti dihukum saat masa sekolah atau justru mengalami kecemasan duduk di depan orang yang lebih berpengaruh darinya. Cathisophobia ditandai dengan berkeringat, bernafas dengan berat atau pendek, serta timbul rasa cemas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement