REPUBLIKA.CO.ID, Setiap tahun terdapat 1,4 juta kematian anak-anak di bawah usia 5 tahun yang disebabkan oleh penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan vaksinasi. Situasi ini mendorong berbagai elemen untuk mengambil langkah dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi dan juga jenis penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.
Upaya mendukung program kesehatan ini tentu akan berjalan optimal dengan keterlibatan semua pihak, baik pemerintah dan swasta.
Sesuai dengan komitmen dan semangat “patient-focused” yang merupakan salah satu nilai yang diusung oleh GSK, kali ini GSK Indonesia kembali menggiatkan kampanye Smart Parents. Kampanye ini digelar sebagai upaya nyata untuk melindungi lebih banyak lagi anak Indonesia dari penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.
Menurut Goverment Affairs and Communications Director GSK Indonesia, Prelia H. Moenandar, imunisasi adalah salah satu hak anak yang perlu diberikan. “Perjuangan kita untuk melindungi anak-anak Indonesia dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi harus terus dilakukan dan berkesinambungan,” ujarnya dalam acara talkshow media dan peluncuran kembali Smart Parents protected Children di Jakarta, Selasa (16/6).
Hal ini pun didukung oleh Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 42 tahun 2013 mengenai penyelenggaran vaksinasi. Maka, GSK Indonesia ingin meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia, khususnya orang tua muda akan pentingnya vaksinasi demi pemenuhan hak anak.
“Kami berkomitmen untuk secara proaktif melakukan edukasi pada masyarakat awam mengenai penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Kami menyadari bahwa anak yang tidak terimunisasi akan menjadi sangat rentan mengalami penyakit-penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi (PD31). Semua anak punya hak untuk mendapatkan perlindungan ini” ujarnya.
Selain itu, kampanye ini juga memperkenalkan media edukasi mengenai penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi melalui kampanye Smart Parents. Kampanye Smart Parents sendiri digelar di beragam aktivitas seperti seminar di rumah sakit untuk para orang tua, In-clinic Educator dan juga aktivitas di media sosial.
Smart Parents ID adalah akun media sosial milik GSK Pharmaceuticals Indonesia yang dirilis di tahun 2013 dan merupakan media edukasi mengenai penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Saat ini, Smart Parents ID bisa diakses di Facebook (Smart Parents ID) dan Twitter (@SmartParentsID).
Di akun sosial media ini, para orang tua akan diinformasikan jadwal mengenai aktivitas edukasi Smart Parents, seperti misalnya seminar edukasi di rumah sakit, dan aktivitas lain di 2015. “Semua ini dilakukan GSK Indonesia untuk melindungi lebih banyak anak Indonesia dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah lewat vaksinasi,” ungkapnya.