Selasa 28 Jul 2015 18:00 WIB

Cegah Wasir dengan Cara Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan lebih berisiko kena wasir/ilustrasi
Foto: medicinenet.com
Perempuan lebih berisiko kena wasir/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buang air besar (BAB) berdarah, adanya rasa panas atau nyeri didubur terutama jika duduk terlalu lama, lemas dan pucat merupakan gejala wasir. Hal ini jelas akan menganggu Anda. Jika dibiarkan wasir bisa bertambah parah.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP dari Division of Gastroenterology, Department of Internal Medicine, University of Indonesia, menjelaskan klasifikasi berat ringannya hemoroid didasarkan adanya timbulnya benjolan pada anus.

"Klasifikasi yang sering digunakan yaitu yang membagi hemoroid menjadi empat," katanya ketika dihubungi ROL akhir pekan lalu.

Derajat satu berupa pelebaran vena terlihat dengan anuskopi. Derajat dua berupa pembuluh darah yang keluar dan masuk secara spontan. Derajat tiga berupa pembuluh darah yang keluar dan perlu bantuan untuk dimasukan lagi. Sedangkan derajat empat pembuluh darah keluar tidak bisa dimasukan lagi.

Karena itu, sebelum terlambat, sebaiknya Anda mencegahnya. Caranya bagaimana? Untuk menghindari wasir kita harus menjaga agar BAB tetap lancar, minum yang cukup delapan sampai sepuluh gelas perhari. Selain itu, banyak makan sayur, hindari konsumsi daging yang berlebihan dan tetap melakukan aktifitas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement