Rabu 29 Jul 2015 16:29 WIB

Dampak Buruk Kafein yang Dokter Ingin Anda Ketahui

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Kafein, seperti dalam kopi, memiliki banyak dampak samping bagi kesehatan seperti memengaruhi kesehatan hingga berakibat buruk bagi tulang.
Foto: pixabay
Kafein, seperti dalam kopi, memiliki banyak dampak samping bagi kesehatan seperti memengaruhi kesehatan hingga berakibat buruk bagi tulang.

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk sebagian orang, kafein mungkin merupakan hal yang tidak penting untuk diketahui lebih dalam. Namun, ternyata seharusnya Anda lebih mengetahui tentang kafein yang ternyata memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh. Seperti dilansir dalam situs Cosmopolitan, Rabu (29/7), berikut beberapa hal yang dokter ingin Anda tahu tentang kafein.

 

Kopi di saat pagi dapat merusak tidur

Kita semua tahu bahwa menenggak minuman berenergi saat malam akan membantu terjaga sepanjang malam, tapi kafein yang dikonsumsi setiap saat sepanjang hari dapat mengganggu tidur. "Karena kafein adalah stimulan dan memiliki efek yang dapat bertahan hingga 24 jam, hal tersebut dapat mengganggu proses tidur," jelas Christina Merryfield, ahli diet yang juga memimpin di Rumah Sakit Cromwell Bupa.

"Jika Anda mengalami masalah tidur maka Anda perlu untuk membatasi konsumsi (kafein) Anda, terutama di sore dan malam hari,” tambahnya.

 

Kafein dapat berakibat buruk bagi tulang

Jika Anda minum lebih dari empat cangkir kopi sehari, hal ini akan menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak. Hal ini tentu dapat berdampak buruk yaitu kehilangan kalsium.

“Nutrisi seperti kalsium, sangat penting untuk kesehatan tulang yang dapat membantu mengurangi risiko patah tulang di kemudian hari. Sumber yang baik adalah susu, sayuran berdaun, kacang-kacangan, dan ikan di mana Anda makan tulang seperti ikan sarden" ujar Christina. Sebaiknya Anda mengurangi asupan kafein Anda.

 

Kafein dapat mempengaruhi kesehatan mental

Kafein dapat membuat Anda menjadi pribadi super waspada. Tetapi tergantung pada toleransi Anda dan berapa banyak kopi yang Anda tenggak. Kafein juga dapat membuat Anda merasa cemas, mudah marah, dan gelisah.

NHS menyarankan bahwa orang dengan Generalised Anxiety Disorder (GAD) harus menghindari konsumsi kafein sama sekali. Karena kafein dapat menyebabkan kecemasan yang berlebih. Kafein dapat mengganggu tidur Anda dan juga mempercepat detak jantung Anda.

Jika Anda lelah, Anda cenderung kurang dapat mengendalikan perasaan cemas. Menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman bersoda dan minuman berenergi lainnya, dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement