Senin 10 Aug 2015 08:13 WIB

Sarapan Penting Hindari Penyakit Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Masak oat di malam hari dan simpan di kulkas, keluarkan saat sarapan dan tambahan potongan buah untuk sarapan cepat dan sehat.
Foto: pbfinger
Masak oat di malam hari dan simpan di kulkas, keluarkan saat sarapan dan tambahan potongan buah untuk sarapan cepat dan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Sarapan merupakan salah satu aktivitas yang sering dilupakan. Bukan hanya oleh anak sekolah atau mahasiswa, Anda yang bekerja juga kerap merupakan hal wajib satu ini. Sarapan, padahal, penting sekali dilakukan. Karena jika terlupakan maka bisa merusak metabolisme tubuh. Membuat Anda jadi pemarah juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan. 

Sebenarnya masih ada alasan lain yang membuat Anda tidak boleh melupakan sarapan. Seperti dilansir dari laman Idiva, Senin (10/8), ada sejumlah alasan yang membuat Anda tidak seharusnya meninggalkan sarapan.  

Kadar keasaman meningkat

Pergi sekolah atau bekerja tanpa sarapan dapat menyebabkan penyakit refluks asam, juga dikenal sebagai penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Ini karena Anda pergi tanpa makanan dalam beberapa jam. Makanlah sedikit makanan untuk membantu menjaga keasaman lambung Anda. 

Metabolisme rendah

Ketika gula darah Anda dipagi hari rendah, maka makanan membantu Anda mengatur gula darah secara tetap. Penuhi tubuh Anda dengan sarapan yang hangat untuk menjaga metabolisme tubuh Anda tetap tinggi. 

Tingkat energi rendah

Kita semua bangun pagi dengan tingkat energi yang rendah dan mood yang buruk. Jika Anda melupakan sarapan, Anda menghambat nutrisi penting untuk otak dan tubuh yang membuat Anda merasa lemah. Anda membutuhkan glukosa agar otak dan tubuh berfungsi dengan baik.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement