Selasa 11 Aug 2015 08:28 WIB

Ladies, Ini Cara Perhatikan Kesehatan Alat Reproduksi Anda

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Menjaga kebersihan Miss V (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Menjaga kebersihan Miss V (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap wanita pasti ingin hidup sehat secara luar dan dalam, salah satunya merawat alat reproduksinya adalah suatu keharusan yang penting.

Alat reproduksi merupakan alat untuk mendapatkan suatu keturunan nantinya. Berikut tips menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Seperti yang dilansir Boldsky Selasa (11/8) berikut cara merawat kesehatan alat reproduksi pada wanita.

Hindari Infeksi Vagina

Infesksi pada vagina dapat mengakibatkan kerusakan pada rahim. Selalu mencuci area sekitar vagina setelah berhubungan badan dan sempatkan waktu untuk buang air kecil setengah jam setelah berhubungan badan agar terhindar dari infeksi vagina.

Ganti Pembalut

Perlu sering mengganti pembalut ketika sedang haid terutama pada masa awal haid yang biasanya darah akan keluar lebih banyak. Darah merupakan media yang baik untuk perkembangbiakan kuman penyakit.

Perhatikan ketika mengalami keputihan

Jika mengalami keputihan seringlah berganti celana dalam, biasanya keputihan terjadi ketika masa sebelum haid, ketika gairah seksual meningkat, dan ketika hamil. Apabila keputihan tersebut terjadi secara terus menerus segera periksa ke dokter agar mendapat penanganan medis dan menghindari terjadinya kemandulan

Lakukan pemeriksaan genekologi secara teratur

Seorang ginekolog akan memeriksa ukuran dan bentuk uterus dan ovarium Anda serta melakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan kanker serviks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement